| English

Analisis SWOT Pada Singapore Airlines

Tesis S-1 STIE Nusantara (IBN), Jakarta, Agustus 2000.
Oleh: Johannes Boroh
Dosen pembimbing: Bernard E. Silaban, SE, MM.

ABSTRAK

Industri jasa penerbangan merupakan salah satu industri yang memiliki daya tarik cukup baik dan senantiasa berkembang karena manusia cenderung memilih/membutuhkan fasilitas atau sarana perhubungan yang relatif cepat. Jumlah konsumen industri jasa penerbangan senantiasa berkembang mengikuti perkembangan jumlah penduduk dan juga aktivitas bisnis.

Salah satu perusahaan jasa penerbangan yang menarik untuk dikaji adalah Singapore Airlines, yakni merupakan salah satu perusahaan penerbangan terkemuka di dunia. Di masa krisis ekonomi di mana banyak perusahaan-perusahaan penerbangan Asia merugi, Singapore Airlines tetap dapat meraih keuntungan dan berdasarkan laporan keuangan terakhir (tahun 1999), mereka adalah peraih keuntungan terbesar jika dibandingkan pesaing terdekatnya seperti: Cathay Pacific Airways, Thai Airways, dan Emirates Airlines.

Tahun 1999 Singapore Airlines mencatat keuntungan sebesar 813 juta dollar Singapura (470 juta dolar AS), sementara Thai Airways melaporkan keuntungan yang diperoleh sebesar 6.393 juta bath Thailand (168 juta dolar AS), kemudian Cathay Pacific mencatat keuntungan 2.275 juta dollar Hong Kong (295 juta dolar AS) dan terakhir Emirates membukukan keuntungan sebesar 313 juta dirham UAE (85 juta dolar AS).

Dalam karya tulis ini dikaji faktor-faktor apa saja yang membuat Singapore Airlines dapat bertahan dan bahkan menjadi besar serta bagaimana upaya-upaya yang dilakukan mereka dalam mengatasi/menghadapi faktor-faktor tersebut.

Dari hasil kajian data-data, umumnya tahun 1998-1999 dengan menggunakan analisis SWOT pada Singapore Airlines diperoleh bahwa faktor-faktor peluang mereka adalah tingkat pertumbuhan pasar, perubahan teknologi dan letak Singapura yang strategis. Kemudian faktor-faktor ancaman mereka adalah munculnya pesaing baru, peraturan-peraturan pemerintah, dan faktor politik-ekonomi. Sementara faktor-faktor kekuatannya adalah karyawan, posisi keuangan dan faktor produksi dan faktor-faktor kelemahan mereka adalah sumber daya alam, pricing policy, kondisi anak perusahaan, dan pelayanan awak darat.

Setelah proses analisi faktor-faktor tersebut di atas didapat posisi persaingan Singapore Airlines berada pada skor mendekati 4 untuk faktor-faktor internal strategis mereka, dan mendekati skor 5 untuk faktor-faktor eksternal strategis mereka.

Sedangkan strategi-strategi yang dianjurkan untuk tetap dapat memenangkan persaingan adalah berupa strategi SO, strategi WO, strategi ST, dan strategi WT, yang didapat dari penggabungan antara faktor-faktor internal dan faktor-faktor eskternal dalam matriks SWOT.

Versi lengkap tesis ini dapat dilihat di perpustakaan Institut Bisnis Nusantara


BAB 1 - PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Industri penerbangan merupakan salah satu jenis industri jasa yang mempunyai daya tarik tersendiri baik bagi stock holders maupun tenaga kerja. Dikatakan mempunyai daya tarik tersendiri jika dilihat dari sisi stock holders adalah karena antara lain industri jasa ini akan selalu eksis karena memang dibutuhkan manusia,... Selain itu dengan bertambahnya jumlah penduduk, ... Tingkat pertumbuhan penumpang untuk kawasan Asia saja oleh IATA diperkirakan akan mengalami peningkatan sebesar 4,4% hingga tahun 2001...

Sementara bagi pencari tenaga kerja, industri jasa penerbangan mempunyai daya tarik tersendiri dikarenakan banyaknya fasilitas yang jarang diperoleh oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang industri lain...

...Kemudian, dari ketiga airlines tersebut, hanya Singapore Airlines lah yang termasuk dalam kategori 10 besar perusahaan penerbangan dunia peraih keuntungan terbesar...

1.2. Perumusan Masalah

Apa yang menjadikan Singapore Airlines menarik untuk dibahas menurut penulis adalah karena Singapore Airlines dapat bertahan dan menjadi perusahaan penerbangan unggulan meskipun negaranya memiliki keterbatasan dalam jumlah penduduk...

Masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana kondisi SWOT Singapore Airlines saat ini serta strategi apa yang dijalankan untuk dapat bertahan dan berkembang menjadi perusahaan yang sukses...

1.3. Tujuan dan Manfaat Penelitan

Tujuan penelitian adalah mengetahui bagaimana Singapore Airlines dapat bertahan dan berkembang menjadi sebuah perusahaan yang besar dan sukses dengan melihat dari sisi Strenghts, Weaknesses, Opportunities dan Threats-nya.

Semantara manfaat penelitian ini sendiri dapat dilihat dari dua sisi. Pertama manfaat bagi kepentingan umum (dunia pendidikan, usaha, dan lain-lain) yakni mungkin dapat dijadikan sebagai salah satu bahan masukan/acuan bagi tiap bahasan yang menyangkut industri penerbangan.

Kemudian manfaat bagi kepentingan penulis sendiri yakni untuk dijadikan acuan dalam pekerjaan di perusahaan di mana penulis bekerja saat ini guna mencapai hasil pekerjaan yang lebih baik.

1.4. Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan skripsi ini menggunakan model/bentuk jurnal yang terdiri dari 5 bab...


BAB 2...





Jangan lupa ikutan LIKE JoTravelGuide.com yaaa




Komentar Anda:



Kembali ke atas



jika menurut anda situs kami membantu memberikan informasi terkait, anda dapat menyumbang untuk membantu kelangsungan tayang situs ini, kami dapat menerima bantuan melalui tombol paypal "Donate" dibawah ini. terima kasih