| English

...BAB 4 Sebelumnya

BAB 4 - ANALISIS DATA, PEMBAHASAN DAN HASIL PENELITIAN

4.4. Kelemahan-kelemahan (Weaknesses)

Kelemahan-kelemahan yang dapat dilihat pada Singapore Airlines diantaranya adalah keterbatasan sumber daya, seperti raw material untuk inflight catering, pricing policy yang cukup tinggi, kondisi anak perusahaan, terutama Silk Air, tingkat pelayanan karyawan darat, dan sebagainya.

4.4.1. Sumber Daya Alam (Raw Materials)

Salah satu faktor internal yang menjadi kelemahan pada Singapore Airlines adalah terbatasnya sumber daya alam...lahan/tempat untuk research and development, dan sebagainya.

Sejak dulu Singapore Airlines sangat tergantung pada negara lain dalan hal penyediaan bahan bakar pesawat. Jika perusahaan penerbangan negara-negara teluk dapat dikatakan tidak terlalu kuatir akan supply bahan bakar, lain halnya dengan Singapore Airlines, jika misalnya supply/pengiriman bahan bakar mengalami keterlambatan dari negara pengekspor, kemungkinan akan keterlambatan atau bahkan pembatalan keberangkatan pesawat dapat saja terjadi.

Salah satu kelemahan lain dalam hal raw material adalah kurangnya lahan di Singapura guna menghasilkan bahan baku untuk keperluan inflight catering. Salah satu contoh bahan baku makanan yang banyak diperlukan dan sangat kurang produksinya di Singapura adalah ikan. Singapore Airlines telah berhasil mengidentifikasi bahwa penumpang ternyata mengingingkan lebih banyak tipe makanan yang terbuat dari ikan, Yun dkk, halaman 197.

Contoh lain dalam hal keterbatasan-keterbatasan yang dimiliki oleh Singapura menyebabkan Singapore Airlines membangun sarana computer software development mereka di luar negara mereka sendiri, di Mumbai-India, Pihlip Kotler dkk, halaman 411.

4.4.2. Pricing Policy

Karena menyediakan berbagai macam kelebihan dibanding yang diberikan oleh pesaing-pesaingnya dalam hal pelayanan maupun dalam hal fasilitas yang disediakan...menetapkan harga jual...lebih tinggi daripada pesaing-pesaingnya.

Harga jual yang lebih tinggi merupakan suatu kelemahan dari Singapore Airlines karena sebagaimana dikatakan oleh Christopher (1992) bahwa kemampuan suatu produk ternama untuk menetapkan harga jual yang tinggi dapat berkurang karena perusahaan alternatif (pesaing) juga dapat menggunakan teknologi yang sama, fasilitas pelayanan yang serupa tetapi menetapkan harga jual yang lebih rendah, Yun dkk, halaman 65.

Hal serupa juga dijelaskan oleh Alexander T. Wells, halaman 316, sebagai berikut...

Tabel 4-8: Harga Jual Tiket Kelas Ekonomi Jakarta-London

4.4.3. Kondisi Anak Perusahaan

Kondisi anak perusahaan dalam hal ini Silk Air dapat mengganggu kinerja Singapore Airlines karena anak perusahaan umumnya didirikan untuk menyokong usaha induk perusahaan....

Dalam laporan keuangan Singapore Airlines tahun 1998-99, Silk Air dilaporkan mengalami kerugian operasi sebesar 17,8 juta dolar Singapura atau lebih besar jika dibandingkan tahun sebelumnya...dengan mengurangi total penerimaan sehingga akan mengurangi tingkat keuntungan secara keseluruhan.

Tabel dibawah ini akan menggambarkan kondisi keuangan group Singapore Airlines dan besar biaya yang dikeluarkan oleh beberapa anak perusahaan.

Tabel 4-9: Laporan Keuangan Group Singapore Airlines (Dalam Juta Dolar Singapura)

Tabel 4-10: Biaya Beberapa Anak Perusahaan (Dalam Juta Dolar Singapura)

Subsidiaries
Principal Activities
1999
1998
Silk Air Air transportation 240.00 125.00
Singapore Airport Terminal Services Investment holding company 100.00 100.00
SIA Engineering Company Engineering services 51.84 54.84
SIA Properties Provision of building management 24.00 20.00
SATS Airport Services Airport cargo, apron and passenger services 16.50 16.50


4.4.4. Pelayanan Karyawan Darat

Ternyata tidak semau karyawan Singapore Airlines melayani penumpang atau calon pengguna jasa mereka sebagaimana ketenaran pelayanan awak kabin dalam melayani penumpang. Sebagai contoh, beberapa staf reservation mereka di Jakarta ternyata masih ada yang menunjukkan sikap kurang ramah dalam menjalan pekerjaannya, seperti dalam menjawab pertanyaan calon pengguna jasa mereka melalui telepon...jika mengingat pepatah "karena nila setitik, rusak susu sebelanga", maka hal ini bisa berdampak merusak reputasi pelayanan Singapore Airlines yang memiliki tingkat pelayan yang mengutamakan pengguna jasa.

Salah satu kelemahan lain tentang kualitas kerja karyawan darat adalah dalam hal pelayanan ketika misalnya terjadi keterlambatan jadwal penerbangan. Singapore Airlines mencatat jumlah keluhan penumpang akan masalah ini sebesar 15% dari total keseluruhan keluhan yang masuk...


Bab 4 Selanjutnya...





Jangan lupa ikutan LIKE JoTravelGuide.com yaaa




Komentar Anda:



Kembali ke atas



jika menurut anda situs kami membantu memberikan informasi terkait, anda dapat menyumbang untuk membantu kelangsungan tayang situs ini, kami dapat menerima bantuan melalui tombol paypal "Donate" dibawah ini. terima kasih