versi cetak wisata hutan lindung di balikpapan kalimantan timur  

Hutan-hutan Wisata Sekitar Balikpapan

Flora dan Fauna | Hutan Lindung Sungai Wain | Hutan Wana Wisata |
Mangrove Margo Mulyo ("Hutan Kota") | Bukit Bangkirai




Flora dan Fauna Kalimantan Timur

Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup (KWPLH)

"Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup" atau dikenal dengan "KWPLH" adalah sebuah wahana edukasi mengenai lingkungan dan juga merupakan pusat rekreasi (Taman Beruang Madu Karang Joang) yang terhampar di lahan seluas 1,3 hektar. Hutan ini dirancang senyaman mungkin untuk lima "Beruang Madu" yang dilindungi dari perdagangan hewan liar ilegal. Pengunjung dapat melihat beruang-beruang ini selama jam makan mereka pada pk. 9:00 dan pk. 15:00.

Di wahana ini juga tersedia sebuah pusat informasi kecil yang biasanya dikunjungi oleh murid-murid sekolah dasar lokal atau anak-anak lain untuk tujuan pendidikan.

Klik gambar di atas untuk melihat beberapa foto yang lebih besar dari Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup (KWPLH).


Lokasi:Km. 23, Jl. Soekarno-Hatta, Kompleks KWPLH, kecamatan Karang Joang (Balikpapan-Samarinda Trans Road)
Telepon:0542 7108304, Wahyu Palupi: 0812 5325729
Website:www.beruangmadu.org
Email:wahyu.kwplh@gmail.com
Jam operasional:setiap hari, pk. 9:00-17:00
Biaya masuk:gratis
Fasilitas:sebuah aula yang disebut "Lamin", satu rumah tradisional suku Dayak yang dapat digunakan untuk berisitirahat, area kemah, dan sebuah arena bermain
Cara menuju ke sana: Disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi karena tidak mudah untuk mendapatkan angkutan umum dari tempat ini
Dengan transportasi umum, naik mikrolet nomor 3 dari arah pusat kota menuju Terminal Batu Ampar (ongkos: Rp. 6.000). Dari Terminal Batu Ampar naik mikrolet No. 8 dan minta sopir untuk menurunkan Anda di lokasi ini (sekitar satu jam perjalanan dan umumnya dikenakan biaya tambahan sekitar Rp. 20.000). Untuk kembali, Anda harus berjalan ke jalan utama (sekitar satu kilometer). Dari sana, Anda dapat menunggu mikrolet ke arah kota (yang membutuhkan waktu agak lama)
Keterangan:disarankan berkunjung saat waktu makan beruang, di mana pengunjung memiliki waktu sekitar satu jam untuk melihat hewan ini. Dilarang memberi makan pada beruang dan membuat gaduh. Ada dua tempat wisata menarik lainnya di dekat lokasi ini (lihat di bawah).

Hutan Lindung Sungai Wain


Hutan seluas 10.000 hektar ini memiliki hewan yang dilindungi seperti Orangutan, Beruang Madu, dan Bekantan. Sayangnya tidak semua pengunjung dapat melihat binatang-binatang yang dilindungi ini. Di sini juga terdapat tanaman-tanaman yang dilindungi, seperti Kantong Semar dan Jahe Balikpapan. Pengunjung dapat menikmati keindahan hutan alami ini dengan berjalan kaki melalui sebuah jembatan kanopi atau dengan cara menyusuri sepanjang Sungai Wain dengan perahu.

Klik gambar di sebelah kanan untuk melihat foto Hutan Lindung Sungai Wain yang lebih banyak dan lebih besar.


Lokasi:Km. 15, Jl. Soekarno-Hatta, kecamatan Karang Joang
Telepon:0813 47829012 (Bpk. Bambang), 0813 50187395 (Bpk. Agung), 0542 7025771 (Kantor)
Fax:0542 749 301
Email:wahyu.kwplh@gmail.com, uphlsw@indo.net.id
Website:www.sungaiwain.org
Jam operasional: Senin-Jumat, pk. 8:00-17:00. Untuk jam operasional yang berdasarkan pada permintaan pengunjung dibutuhkan surat permohonan terlebih dahulu
Biaya masuk:ada 4 paket untuk kunjungan satu hari. Paket A (1-6 tamu), B (7-9 tamu), C (7-12 tamu), D (>12 tamu). Tur "Track Eko-PLH-Kebun Raya": A = Rp. 350.000; B = Rp. 500.000; C = Rp. 590.000; dan D = Rp. 850.000. Sedangkan Tur "Mangrove dan Selok Puda": A = Rp. 180.000; B = Rp. 270.000; C = Rp. 450.000; dan D = Rp. 540.000
Fasilitas:toilet tersedia pada titik perhentian. Juga ada akomodasi: Rumah "Beruang Madu" (Rp. 500.000/hari) dan Rumah "Enggang" (Rp. 200.000/hari)
Cara menuju ke sana: Kendaraan sendiri (sangat disarankan karena tidak mudah untuk mendapatkan transportasi umum dari lokasi ini)
Dengan mikrolet No. 3 dari arah pusat kota atau Pasar Klandasan, turun di Terminal Batu Ampar (ongkos: Rp. 6.000). Dari Terminal Batu Ampar, naik mikrolet No. 8 warna coklat muda/krem (ongkos: Rp. 10.000 untuk sekitar satu jam perjalanan). Beritahu sopir untuk menurunkan Anda di tempat ini
Keterangan: Hutan Lindung Sungai Wain menyediakan pemandu wisata. Saat musim hujan pengunjung disarankan untuk menggunakan sepatu.

Kembali ke atas


Hutan Wana Wisata


Hutan seluas 15 hektar ini cocok untuk wisata keluarga atau grup. Hutan Wana Wisata juga merupakan tempat wisata terdekat yang sering dikunjungi oleh warga Balikpapan untuk berkemah atau untuk melakukan aktivitas di alam bebas. Ada banyak tanaman lokal ditanam di sini, seperti "pulp trees" (pohon untuk industri kertas), akasia, mahoni, dll.

Klik gambar di sebelah kanan untuk melihat lebih banyak dan lebih besar dari foto Hutan Wana Wisata.


Lokasi:Km. 10, Jl. Soekarno-Hatta, kecamatan Karang Joang
Jam operasional:setiap hari, pk. 8:00-17:00
Biaya masuk:Rp. 1.000/orang, Rp. 3.000/mobil
Fasilitas:area berkemah (Rp. 300.000 per hari); ruang rapat dari pk. 7:00-17:00 (Rp. 400.000); toilet; area parkir; dll
Fasilitas umum terdekat:penginapan
Cara menuju ke sana: Dengan kendaraan sendiri (sekitar 15 menit dari pusat kota)
Dengan mikrolet: naik mikrolet nomor 8 (dari arah Terminal Batu Ampar) dan minta sopir untuk menurunkan Anda di lokasi ini (waktu tempuh sekitar 20 menit).

Mangrove Margo Mulyo (Hutan Kota)

Hutan alam seluas 1.500 hektar ini memiliki banyak tanaman mangrove, serta didiami oleh salah satu binatang langka yang dilindungi, seperti Bekantan (monyet hidung panjang). Bekantan biasanya terlihat saat senja. Pengelola hutan ini juga menyediakan jalur jalan kaki dari kayu sepanjang 800 meter bagi pengunjung yang ingin melihat kehidupan alam hutan dengan berjalan kaki.


Lokasi:Gunung Dupp, area Kilang Minyak
Cara menuju ke sana:dengan kendaraan sendiri.

Bukit Bangkirai


Bukit Bangkirai adalah salah satu hutan hujan tropis di Kalimantan Timur yang terletak sekitar 1,5 jam berkendara dari pusat kota Balikpapan. Tempat ini menawarkan pesona alam yang indah serta wisata jembatan yang menggantung di lima pohon Bangkirai. Jembatan gantung ini dibangun di ketinggian 30 meter dan memiliki panjang 64 meter. Jembatan yang dibangun oleh "Canopy Construction Assosiation" dari Amerika Serikat pada Januari 1998 ini merupakan salah satu daya tarik utama Bukit Bangkirai dan disebut-sebut sebagai jembatan gantung pohon pertama di Indonesia, kedua di Asia, dan kedelapan di dunia. Untuk mencapai jembatan gantung ini pengunjung harus melewati 14 tangga yang berputar mengelilingi pohon Bangkirai, di mana pengunjung lantas dapat melihat keindahan panorama hijau dari jembatan tersebut.

Klik gambar di atas untuk melihat beberapa foto dari Bukit Bangkirai yang lebih besar.


Lokasi:Km. 38, Jalan Provinsi Balikpapan-Samarinda
Fasilitas:perkemahan, penginapan, ruang rapat, kantin, dan restoran
Cara menuju ke sana:umumnya dengan kendaraan sendiri.




...Pantai & Aktivitas Air :Hlmn sebelumnya | Hlmn berikut: Monumen & Museum...


Kembali ke atas






Komentar Anda:


Nama:

date

Komentar:

0 komentar

Isi komentar adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Anda sebagai pengirim komentar harus membaca dan sepenuhnya menyetujui Syarat dan Ketentuan Komentar Anda (klik disini), Syarat dan Ketentuan (klik disini) serta Kebijakan Privasi (klik disini) JoTravelGuide.com.



Kembali ke atas


jika menurut anda situs kami membantu memberikan informasi terkait, anda dapat menyumbang untuk membantu kelangsungan tayang situs ini, kami dapat menerima bantuan melalui tombol paypal "Donate" dibawah ini. terima kasih