versi cetak kesenian daerah kalimantan timur  

Kesenian Daerah Kalimantan Timur



Sayangnya untuk saat ini di Balikpapan hanya ada beberapa tempat yang dikhususkan untuk melihat pertunjukkan tradisional Kalimantan Timur, walaupun suku Dayak memiliki tarian dan musik tradisional yang menarik. Pertunjukan seni biasanya dipertontonkan ke masyarakat umum pada peristiwa-peristiwa khusus, seperti Hari Kemerdekaan Indonesia atau perayaan tahunan lainnya di Balikpapan atau kota sekitarnya. Beberapa kesenian daerah diantaranya kami cantumkan dan jangan lupa tonton video-videonya di bawah ini! :)

Tari Tradisional

Tari Burung Enggang

Tari tradisional suku Dayak ini dibawakan oleh gadis-gadis yang diiringi oleh alat musik Kecapi. Tari Burung Enggang menceritakan tentang nenek moyang suku Dayak yang konon turun ke bumi dari langit dalam bentuk burung Enggang, burung khas Kalimantan Timur.

Saksikan tayangan video Tari Burung Enggang dari www.youtube.com dibawah ini:



Tari Gantar Pahlawan

Tari Gantar Pahlawan adalah sebuah tarian yang biasanya dibawakan oleh gadis-gadis untuk menyambut para prajurit yang kembali setelah meraih kemenangan dalam perang. Wajah gadis-gadis penari umumnya diolesi dengan tepung (salah satu kepercayaan warga setempat guna menghindari mara bahaya).

Saksikan tayangan video Tari Gantar Pahlawan dari www.youtube.com dibawah ini:



Tari Hudoq

Tari Hudoq merupakan tarian suci yang dilakukan hanya jika desa diserang oleh wabah atau serangga. Tarian ini harus dibawakan oleh laki-laki dan perempuan yang menggunakan topeng binatang, seperti babi atau anjing. Topeng-topeng ini biasanya dibuat dari “Malau” atau getah kayu. Tubuh penari-penari ditutupi oleh daun pisang dan diiringi oleh irama alat musik “tifa” atau gendang.

Saksikan tayangan video Tari Hudoq dari www.youtube.com dibawah ini:



Kembali ke atas





Komentar Anda:


Nama:

date

Komentar:

0 komentar

Isi komentar adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Anda sebagai pengirim komentar harus membaca dan sepenuhnya menyetujui Syarat dan Ketentuan Komentar Anda (klik disini), Syarat dan Ketentuan (klik disini) serta Kebijakan Privasi (klik disini) JoTravelGuide.com.



Kembali ke atas