versi cetak makanan minuman khas balikpapan  

Makanan dan Minuman Khas Balikpapan



Hidangan Utama

Balikpapan menawarkan beraneka ragam hidangan lokal yang dipengaruhi beragam suku bangsa Indonesia maupun asing. Hidangan yang sangat dikenal di Balikpapan umumnya adalah seafood. Ada pepatah lokal yang mengatakan “Anda belum pernah ke Balikpapan, jika Anda belum mencoba kepiting dan ikan bakar dan kelapa segar kami”.

Di mana Anda dapat menemukan hidangan laut seperti kepiting atau ikan bakar Balikpapan? Ada beberapa restoran seafood terkenal di Balikpapan, seperti Dandito, Kenari atau RM Bonting. Selain restoran-restoran ini, masih banyak lagi restoran terkenal lain yang menyediakan hidangan kepiting. Umumnya warga setempat menyarankan kepiting bakar saus lada hitam dan kepiting Soka goreng dengan saus sambal pedas.

Kepiting Soka adalah kepiting kulit lembut. Anda juga dapat memakan kulitnya, jika Anda mau. Kepiting ini biasanya dilapisi campuran dari tepung, telur, gula, bawang putih, lada, dan garam sebelum digoreng.

Selain kepiting, hidangan laut lainnya yang biasa dikonsumsi di Balikpapan yaitu Pepes Patin dan ikan laut bakar. Pepes Patin dimasak dengan bawang putih, kunyit, jahe, cabai dan lain-lain, lalu dibungkus daun pisang dan dibakar. Ikan laut diolah dengan minyak kelapa, bawang putih, jahe, dan lada. Lihat gambar ikan patin.

Banyak warga setempat yang memilih minum air kelapa segar setelah memakan hidangan kepiting karena mereka percaya bahwa air kelapa akan menyeimbangkan kadar kolestrol.

Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, Balikpapan juga memiliki banyak hidangan yang berasal dari wilayah lain di Indonesia, makanan Asia dan makanan Barat. Restoran-restoran lokal umumnya menyediakan tempat makan indoor atau outdoor. Beberapa restoran jaringan internasional, seperti A&W dan KFC juga ada di kota ini.

Makanan Ringan

Pisang Gapit” atau pisang bakar adalah makanan ringan khas lokal yang umumnya dapat ditemukan di warung-warung makan, terutama di Pantai Melawai. Pisang ini biasanya disajikan dengan gula merah yang dicampur dengan tepung dan daun pandan.

Balikpapan juga dikenal dengan “Bonting”nya yang merupakan singkatan dari “Abon Kepiting”. Warga setempat biasanya memakan Bonting dengan nasi putih. Bonting dapat dibeli dengan mudah di banyak restoran terutama sepanjang Jalan Iswahyudi.

Makanan ringan khas lainnya adalah “Amplang” (krupuk ikan bawang), “Abon Ikan Tuna”, dan “Dodol”.

Makanan-makanan ringan ini bisa ditemukan di beberapa toko cinderamata, seperti Syahda Mestika yang terletak di Jalan Ahmad Yani atau di toko-toko dalam Pasar Kebun Sayur atau RM Bonting.

Minuman

Minuman khas lokal umumnya juga merupakan minuman khas Indonesia seperti jus alpukat dan Es Cendol, selain air kelapa muda mereka.

Bagi Anda yang mencari minuman beralkohol, Anda hanya dapat menemukan di bar dan klub, hotel, restoran dan kafe kelas atas, serta beberapa toko.





Kembali ke atas






Komentar Anda:


Nama:

date

Komentar:

0 komentar

Isi komentar adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Anda sebagai pengirim komentar harus membaca dan sepenuhnya menyetujui Syarat dan Ketentuan Komentar Anda (klik disini), Syarat dan Ketentuan (klik disini) serta Kebijakan Privasi (klik disini) JoTravelGuide.com.



Kembali ke atas


jika menurut anda situs kami membantu memberikan informasi terkait, anda dapat menyumbang untuk membantu kelangsungan tayang situs ini, kami dapat menerima bantuan melalui tombol paypal "Donate" dibawah ini. terima kasih