versi cetak kesenian jawa barat angklung  

Wisata Angklung di Bandung

Angklung | Gamelan | Jaipongan | Tari Klasik | Wayang Golek | Tempat Pertunjukan Seni


Aktivitas wisata kesenian daerah yang dapat Anda lakukan di Bandung dapat berupa menghadiri pertunjukan atau mempelajari musik tradisional daerah Jawa Barat, seperti Angklung dan Gamelan, serta tari tradisional, seperti Tari Jaipongan dan Tari Klasik. Pilihan lainnya dapat berupa pertunjukan Wayang Golek dan sebagainya.

Salah satu tempat wisata angklung yang sudah terkenal di Bandung adalah
Saung Angklung Udjo, yang dapat Anda baca lebih lengkap dan jangan lewatkan lihat video-nya di bawah ini.

ANGKLUNG

AngklungAngklung adalah alat musik tradisional Indonesia yang terbuat dari bambu dan dimainkan dengan menggoyangkan bambu-bambu tersebut. Pada awalnya angklung dibuat dan dimainkan di Jawa Barat sebelum akhirnya tersebar ke seluruh Indonesia dan negara lain. Pada awal tahun 1800-an Sir Stamford Raffles, saat masih tinggal di pulau Jawa (sebelum ia menjabat sebagai Gubernur Jenderal Bengkulu di Lampung) pernah berkata bahwa ia selalu menikmati alunan musik angklung.

Beberapa tahun yang lalu ada “perselisihan” antara Indonesia dan negara tetangga kita mengenai isu klaim kesenian tradisional kita sebagai seni tradisional mereka (di mana angklung adalah salah satunya). Beberapa negara tetangga, seperti misalnya Singapura dan Malaysia, selalu menyatakan bahwa angklung (dan beberapa kesenian tradisional lainnya milik kita) sebagai kesenian tradisional milik mereka, atau sering kali juga dinyatakan sebagai “seni budaya tradisional Asia Tenggara” (tapi tidak demikian dengan kesenian tradisional dari negara lain, seperti "lion dance"/"tari naga" yang juga sering dipertunjukkan di negara mereka tetapi tidak pernah diakui bahwa "lion dance" tersebut milik negara mereka).




Video pertunjukan angklung di yang dikutip dari You
Tube:



Di halaman setelah ini kami cantumkan beberapa tempat di mana Anda dapat menonton pertunjukan angklung secara langsung dan juga belajar bagaimana cara memainkannya (seperti Saung Angklung Udjo, KPA3, dst). Klik di sini.


Kalau suka dengan halaman ini, jangan lupa untuk ikutan "Like Our Page" yaaa :)



Kembali ke atas





Komentar Anda:


Nama:

date

Komentar:

0 komentar

Isi komentar adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Anda sebagai pengirim komentar harus membaca dan sepenuhnya menyetujui Syarat dan Ketentuan Komentar Anda (klik disini), Syarat dan Ketentuan (klik disini) serta Kebijakan Privasi (klik disini) JoTravelGuide.com.



Kembali ke atas