versi cetak galeri di bandung  

Galeri di Bandung

| ArtSociates Lawangwangi | Museum Barli |
| NuArta Sculpture Park | Selasar Sunaryo Art Space |



ArtSociates Lawangwangi

ArtSociates Lawangwangi didirikan pada tahun 2007 dengan tujuan untuk memfasilitasi seniman-seniman muda berbakat melalui seleksi yang ketat. Beberapa seniman terkenal yang pernah mengadakan pameran di sini, yaitu Agus Suwage, Tisna Sanjaya, A.T. Sitompul, dan beberapa seniman lainnya.


ArtSociates Lawangwangi ArtSociates Lawangwangi ArtSociates Lawangwangi ArtSociates Lawangwangi


Klik foto di atas untuk menampilkan beberapa foto yang lebih besar dari ArtSociates Lawangwangi.


Lokasi:Jl. Dago Giri no. 99, Warung Caringin, Mekarwangi
Telepon:022 2504065
Fax:022 2504105
Website:www.artsociates.com
Email:info@artsociates.com, andonowati@artsociates.com
Jam operasional:Selasa-Jumat, pk. 10:00-17:00; Sabtu-Minggu, pk. 11:00-17:00; tutup pada hari Senin dan hari libur nasional
Biaya masuk:gratis
Fasilitas:toilet, restoran, WiFi
Cara menuju ke sana:dari Terminal Dago, naik ojek ke Lawangwangi (tarif: Rp. 10.000 selama 10 menit perjalanan)
Keterangan:menerima pembayaran dengan kartu kredit.


Museum Barli

Museum dan galeri lukisan ini didirikan pada tahun 1992. Sebagian besar lukisan yang dipamerkan di Museum Barli merupakan lukisan karya Barli Sasmitawinata sendiri (1921-2007) dan karya anaknya, Agung. Setelah menyelesaikan sekolah seni di Belanda dan Perancis pada tahun 1950, Barli menghabiskan sebagian waktunya untuk mengajar di Bandung. Barli Sasmitawinata menerima penghargaan medali seni dari pemerintah Indonesia pada tahun 2000. Lukisan Barli sendiri sebagian besar dipengaruhi oleh kehidupan sehari-hari.


Museum Barli Museum Barli Museum Barli
Museum Barli Museum Barli


Klik gambar di atas untuk menampilkan beberapa foto Museum Barli yang lebih besar.


Museum Barli juga sering digunakan untuk pameran seni, menjual hasil karya seni, tempat berkumpul dan diskusinya para seniman, pelatihan, dan workshop. Salah satu workshop yang diadakan adalah kursus seni rupa untuk anak-anak dan orang dewasa dengan biaya Rp. 400.000 hingga Rp. 500.000 per bulan untuk orang dewasa dan Rp. 300.000 hingga Rp. 350.000 per bulan untuk anak-anak.

Nikmati hasil karya seni di Museum Barli dengan menggali nilai-nilai sejarah sekaligus menandai keberadaan seniman Barli di dunia seni Indonesia.


Lokasi:Jl. Prof. Dr. Sutami No. 91
Telepon:022 2011898, 0857 2207 7779
Email:agungwb@yahoo.com
Jam operasional:disarankan untuk melakukan pemberitahuan setidaknya satu hari sebelum kunjungan Anda
Biaya masuk:Rp. 10.000 per orang. Jika Anda ingin mengikuti workshop melukis, biayanya sebesar Rp. 100.000 per orang
Cara menuju ke sana:dengan angkot: dari Jl. Merdeka naik angkot yang menuju Ledeng lalu turun di Karangsetra (tarif: Rp. 2.500 dengan waktu tempuh selama 15 menit). Dari Karangsetra naik angkot yang menuju Sarijadi dan turun di Indomaret, dekat Jl. Cipedes Tengah (tarif: Rp. 1.500 dengan waktu tempuh 5 menit) dan dilanjutkan dengan berjalan kaki ke Museum Barli
Keterangan:akhir-akhir ini Museum Barli sering ditutup jika tidak ada pengunjung. Sebelum berkunjung, silakan hubungi Bpk. Agung untuk melakukan pemberitahuan lebih awal. Tidak akan ada kegiatan seni di Museum Barli untuk satu tahun ke depan.


NuArta Sculpture Park

Nuarta Sculpture Park adalah sebuah galeri patung dan lukisan milik Nyoman Nuarta, seorang seniman dari Bali tetapi telah menetap lama di Bandung. Nyoman Nuarta terkenal dengan hasil karya pahatannya, seperti patung Garuda Wisnu Kencana di Bali. Ia saat ini sedang mengerjakan proyek spektakuler lainnya, yaitu membangun Patung Nabi Nuh setinggi 60 meter di Tapanuli, Sumatera Utara.


NuArta Sculpture Park NuArta Sculpture Park NuArta Sculpture Park
NuArta Sculpture Park NuArta Sculpture Park


Klik gambar di atas untuk menampilkan beberapa foto NuArta Sculpture Park yang lebih besar.


Nuarta Sculpture Park yang terletak di bagian utara Bandung ini pertama kali dibuka pada tahun 2000 dan menempati tanah seluas 3 hektar yang juga digunakan sebagai tempat berkumpul, diskusi, dan kegiatan seni terkait lainnya oleh para seniman, desainer, dan pecinta seni.

Di tempat ini, para pengunjung juga bisa mencoba membuat karya seni mereka sendiri, seperti patung, lukisan, batik, dll. Tersedia kursus singkat untuk para pengunjung, minimum dengan jumlah 3 orang dengan pengajar dari staf professional NuArta Sculpture Park.

NuArta Sculpture Park juga memiliki sebuah kafe yang bernama N café, dengan konsep di dalam dan di luar ruangan. Hidangan paling terkenal di kafe ini adalah Balinese Bebek Crispy dan Nasi Campur.


Lokasi:Jl. Sutra Duta Kencana II No. 11 (di dalam komplek Setra Duta, Sarijadi)
Telepon:022 2020414, 022 2017812, 022 2017816
Fax:022 2015362
Email:sculpturepark@nuarta.com, nuart@bdg.centrin.net.id
Website:www.nuarta.com
Jam operasional:setiap hari kerja, pk. 9:00-17:00. Akhir minggu pk. 9:00-21.00. Tutup pada hari keagamaan
Biaya masuk:gratis, namun akan ada biaya sebesar Rp. 5.000/orang dewasa, Rp. 2.500/anak-anak, dan Rp. 10.000/wisatawan asing untuk kunjungan kelompok (tanpa jumlah minimum)
Fasilitas:galeri, workshop, butik hasil kerajinan tangan, toilet, pemandu berbahasa Bali, kafe, dan toko buku
Cara menuju ke sana:dengan kendaraan pribadi adalah pilihan yang paling gampang, namun bila Anda hendak menggunakan transportasi umum:
Dengan angkot: dari sekitar Jalan Merdeka naik yang menuju ke Setiabudi (Cicaheum-Ledeng, warna hijau dengan garis hitam) lalu turun di depan kantor Cipaganti atau restoran Ayam Bakar Suharti (ongkos: Rp. 2.500). Dari sana disambung dengan naik angkot berwarna biru tua ke daerah Sukajadi (ongkos sekitar Rp. 1.500). Dari Sukajadi disambung dengan ojek ke Galeri Nuarta
Dengan taksi (ongkos tidak lebih dari Rp. 30.000)
Keterangan:untuk keterangan lebih lanjut hubungi Bpk. Yusar atau Bpk. Agus. Kursus singkat hanya tersedia pada hari kerja.


Selasar Sunaryo Art Space

Selasar Sunaryo Art Space (SAAS) didirikan oleh Sunaryo dan dibuka secara resmi pada tahun 1998. Sunaryo yang pernah belajar di ITB Bandung dan Italia ini memamerkan hasil-hasil karyanya yang berupa seni visual, seni pentas, sastra dan film di galeri ini.


Selasar Sunaryo Art Space Selasar Sunaryo Art Space Selasar Sunaryo Art Space
Selasar Sunaryo Art Space Selasar Sunaryo Art Space Selasar Sunaryo Art Space


Klik gambar di atas untuk menampilkan beberapa foto Selasar Sunaryo Art Space yang lebih besar.


Berdasarkan pernyataan: “Selasar Sunaryo Art Space bertujuan untuk mendukung dan berkontribusi dalam pengembangan seni dan budaya di Indonesia”, SSAS memberikan program yang beraneka ragam dan mudah diperoleh untuk kegembiraan penduduk setempat dan pengunjung, serta berkontribusi secara lokal dan nasional untuk kelangsungan budaya di Indonesia. Fokus dari program ini adalah seni kontemporer dan juga lebih mengenalkan budaya visual, seperti desain, kerajinan tangan, film/video, fotografi, dan arsitektur.


Lokasi:Jl. Bukit Pakar Timur No.100 (Dago Atas)
Telepon:022 2507939
Fax:022 2516508
Website:www.selasarsunaryo.com
Email:selasar@bdg.centrin.net.id
Jam operasional:Selasa-Minggu, pk. 10:00-17:00 (masuk terakhir pk. 16:30), tutup pada hari Senin dan libur nasional. Kafe Selasar buka setiap hari pk. 10:00-18:00 dan akhir minggu pk. 10:00-21:00
Fasilitas:kafe dengan dekorasi yang indah, toko, toilet, WiFi (tanpa minimum pembelian), perpustakaan, toko hasil kerajinan tangan, Villa Rumah Bambu (Rp. 400.000/malam), amphitheater, Bale Handap (untuk tempat pertemuan luar ruangan)
Tempat menarik terdekat:Sanggar Luhur dan beberapa restoran, seperti Lisung, Kopi Ireng, Coco Rico, Sierra, 3E’s View, Bali Seafood, dan Motzen
Cara menuju ke sana:dengan angkot: dari Jl. Ir. H. Juanda (dekat Jalan Tubagus Ismail) naik angkot yang menuju Ciburial (sekitar 15 menit perjalanan) dan turun di depan Selasar Sunaryo Art Space (ongkos: Rp. 2.000). Angkot menuju kawasan ini umumnya hanya beroperasi hingga sekitar pukul 16:00. Pilihan lainnya yaitu dengan naik ojek dari terminal Dago (tarif: 10.000 dengan waktu tempuh kira-kira 5 menit)
Keterangan: untuk kunjungan grup, silakan menghubungi Arum Prameshwari di nomor telepon di atas atau melalui email: info@contemporarystl.org, setidaknya 7 hari sebelum hari kunjungan Anda. Menerima pembayaran dengan menggunakan kartu debit atau kredit. Dilarang mengambil foto di dalam galeri.



...Wisata Bandung Lainnya :Hlmn sebelumnya | Hlmn berikut: Kebun Binatang...



Kalau suka dengan halaman ini, ayo ikutan "Like Our Page" yaaa :)



Kembali ke atas







Komentar Anda: (3 komentar)


Nama:

mega 20 Des 2013

Komentar:

maaf mau tanya masuk ke Selasar Sunaryo di ada biaya masuknya tidak?
jika ada, berapa yah ?
terimakasih :)

Nama:

JoTravelGuide 9 Jul 2012

Komentar:

Your very welcome Yanimi. Thanks also for your visit and leaving a comment here. We look forward to welcoming back again to JoTravelGuide.com. Best regards from us.

Nama:

Yanimi 8 Jul 2012

Komentar:

Thanks alot for the information. It's really informative. Even with the angkot route and charges & fares. Thanks alot yah..

Isi komentar adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Anda sebagai pengirim komentar harus membaca dan sepenuhnya menyetujui Syarat dan Ketentuan Komentar Anda (klik disini), Syarat dan Ketentuan (klik disini) serta Kebijakan Privasi (klik disini) JoTravelGuide.com.




Kembali ke atas