versi cetak wisata kuliner di bandung

Makanan dan Minuman Khas Bandung

Hidangan Utama | Makanan Ringan | Minuman | Makanan Khas Sunda



Hidangan Utama

MakananBeberapa makanan Sunda yang terkenal yang biasanya dimakan oleh penduduk setempat adalah: Lalapan (sayuran segar/mentah yang disajikan dengan Sambal), Sambal (bisa sangat pedas/panas), Soto Bandung, Karedok (salad dari sayuran mentah yang disajikan dengan saus kacang), ayam goreng atau bebek goreng, ikan yang dibakar dengan arang atau digoreng kering dengan berbagai macam bumbu lokal, Mie Kocok (campuran mie dengan telur rebus, daging paha sapi/kulit sapi/urat sapi, toge, perasan jeruk nipis, dll)Mie Kocok, Nasi Timbel (paket nasi dengan ayam goreng, Lalapan, tahu goreng, tempe goreng, dan ikan asin), Lotek (seperti Karedok tapi menggunakan sayuran yang direbus dan disajikan dengan saus kacang ditambah sedikit lengkuas, dan cabe jika Anda suka). Apapun hidangan utamanya, orang Sunda biasanya menyantapnya dengan nasi putih.

Klik foto di sebelah kanan untuk melihat foto Mie Kocok Bandung yang lebih besar.

Sebagai kota besar di Indonesia, Bandung juga menyediakan sejumlah makanan Indonesia lainnya, makanan Asia, dan makanan Barat. Restoran lokal menawarkan beberapa suasana, seperti dalam ruangan dan/atau luar ruangan (dengan memanfaatkan iklim sejuk Bandung), suasana modern atau tradisional (“Lesehan” – duduk di lantai beralaskan tikar). Ada banyak juga tempat makan waralaba internasional seperti A&W, Coca Thai food, Coffee Beans, Dunkin Donuts, KFC, McDonald's, Starbucks, dan sebagainya.

Cemilan/Makanan ringan

Bandung memiliki beragam cemilan nikmat seperti siomay Bandung, Bakso Tahu Goreng (BaTaGor) – bakso yang dicampur dengan tahu dan digoreng, disajikan dengan saus kacang – seperti Siomay), Combro (makanan kecil khas Jawa Barat yang terbuat dari singkong dicampur dengan kelapa dan bumbu lainnya), Surabi (panekuk ala Bandung), dan beberapa makanan lainnya.

Minuman

Minuman yang sebenarnya umum didapat di Indonesia seperti jus alpukat, Es Cendol, susu segar dan Sekoteng (minuman jahe dengan gula tebu dan disajikan panas/dingin) juga terdapat hampir di banyak tempat di Bandung. Selain minuman tadi, Bandrek adalah minuman khas Sunda yang mungkin harus dicoba terutama saat udara sedang dingin-dinginnya (pagi hari atau malam hari). Bandrek sendiri dibuat dari jahe yang dihancurkan, gula merah, sereh, kayu manis, cengkeh, merica, dll.


Bandrek Bandung Bandrek Bandung


Klik foto di atas untuk melihat beberapa foto Bandrek Bandung yang lebih besar.



Makanan Khas Sunda

Harap dicatat: terkadang gambar atau foto dapat membuat makanan terlihat lezat tetapi mungkin Anda belum tentu menyukainya (atau sebaliknya)…


Lalapan & sambalKaredok
Tahu (kiri) dan tempe (kanan)Nasi timbel
Ayam goreng - Ala BandungJagung Bakar - Ala Indonesia
Es Cendol
CombroAyam goreng - Ala restoran Padang
BatagorSurabi
Emping "melinjo"Pisang bakar dengan taburan coklat dan parutan keju


Booking.com

Halaman berikut: Restoran & Kafe...

Kembali ke atas



Jangan lupa ikutan LIKE US yaaa




Komentar Anda Untuk Halaman Ini


Isi komentar adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Anda sebagai pengirim komentar harus membaca dan sepenuhnya menyetujui Syarat dan Ketentuan Komentar Anda (klik disini), Syarat dan Ketentuan (klik disini) serta Kebijakan Privasi (klik disini) JoTravelGuide.com.




Kembali ke atas


jika menurut anda situs kami membantu memberikan informasi terkait, anda dapat menyumbang untuk membantu kelangsungan tayang situs ini, kami dapat menerima bantuan melalui tombol paypal "Donate" dibawah ini. terima kasih





Booking.com