versi cetak tempat pertunjukan seni tradisional di bandung  


Angklung | Gamelan | Jaipongan | Tari Klasik | Wayang Golek | Tempat Pertunjukan Seni




Tempat Pertunjukan Seni Tradisional Bandung

Taman Budaya

Taman budaya adalah tempat bagi seniman untuk mengekspresikan kepiawaiannya dalam berkesenian, khususnya seni tradisional. Tempat ini dibangun oleh pemerintah Jawa Barat untuk memelihara dan melestarikan seni budaya daerah maupun kontemporer, tidak hanya kesenian Jawa Barat saja melainkan juga kesenian daerah di seluruh Indonesia. Kesenian tradisional yang ditampilkan di Taman Budaya banyak diminati oleh wisatawan domestik maupun wisatawan asing.


Taman Budaya Taman Budaya Taman Budaya Taman Budaya


Klik gambar di atas untuk menampilkan beberapa foto Taman Budaya yang lebih besar.


Taman budaya juga menyediakan pelatihan seperti latihan gamelan, piano, dan pencak silat yang sifatnya tentative (informasi lebih lanjut perlu dikonfirmasi terlebih dahulu dengan pihak Taman Budaya). Selain itu, jika ada seniman yang mau mengadakan acara khusus seperti teater, gedung teater tertutup di dalamnya bisa disewakan.


Lokasi:Jl. Bukit Dago Selatan No. 53 A - klik disini untuk peta lokasi Taman Budaya
Telepon:022 2504912, 250 5365
Fax022 2514368
Email:tambudjabar@gmail.com, tamanbudaya@westjava-indonesia.com
Website:www.westjavaculture.com
Jam operasional:buka jika ada kegiatan (biasanya mulai pk. 20:00-22:00)
Biaya masuk:gratis
Fasilitas:ampiteater, galeri, toilet, restoran, toko cinderamata, panggung teater dalam ruangan, ruang lobi, area parkir
Fasilitas umum terdekat:minimarket, hotel
Tempat menarik terdekat:Selasar Sunaryo Art Space
Cara menuju ke sana: Dengan angkot: dari Jalan Ir. H. Juanda naik angkot Kalapa-Dago dan turun di depan Taman Budaya (ongkos: Rp. 3.000 selama kurang lebih 20 menit perjalanan)
Dengan taksi: sekitar Rp. 30.000 dari daerah kota
Keterangan:biasanya mereka sudah menyusun kegiatan selama satu tahun ke depan di awal tahun. Setiap akhir tahun diadakan pertunjukan Banjidoran (kesenian tradisional dari Karawang dan Subang) serta kembang api. Jika tidak ada kegiatan, Taman Budaya akan terlihat sepi. Untuk informasi mengenai jadwal kegiatan dan lainnya, hubungi no telepon yang tertera di atas.

Lingkung Seni Daya Sunda

Lingkung Seni Daya Sunda merupakan tempat untuk pertunjukan seni dan budaya yang terletak di dalam area Kebun Binatang Bandung (Kebun Binatang Tamansari). Tempat ini didirikan oleh Departemen Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat untuk mengembangkan dan melestarikan seni tradisional daerah, seperti Tari Ketuk Tilu, gamelan, dan pencak silat.

Biasanya pertunjukan tersebut akan dipentaskan oleh sekitar 20 seniman. Pertunjukan Tari Ketuk Tilu rutin diadakan setiap Minggu pertama, kedua, dan ketiga, sedangkan pencak silat setiap Minggu keempat, di setiap bulannya.


Lokasi:Jl. Kebon Binatang No. 6
Telepon:0813 94135979
Jam operasional:Minggu, pk. 10:00-14:00
Biaya masuk:gratis (sumbangan/donasi sangat diharapkan)
Fasilitas umum terdekat:rumah sakit, restoran, factory outlet, ATM, mini market, restoran
Tempat menarik terdekat:ITB, Arena Wisata Andong dan Kuda Tunggang
Cara menuju kesana:terletak di dalam Kebun Binatang Taman Sari. Dengan angkot: dari Jl. Merdeka, naik angkot jurusan Dago dan turun di Jl. Ganesha (tarif: Rp. 2.000 selama 7 menit perjalanan). Setelah itu jalan kaki sepanjang Jalan Ganesha sekitar 500 meter (melewati depan kompleks Institut Teknologi Bandung menuju kebun binatang)
Keterangan:tempat ini merupakan tempat pertunjukan kesenian tradisional, seperti gamelan, wayang golek, Tari Jaipongan and Tari Ketuk Tilu (untuk melayani permintaan khusus harus dilakukan 3 minggu sebelum tanggal pertunjukkan). Biasanya pertunjukan ini dipentaskan oleh sekitar 20 artis dan Anda bisa menghubungi pihak pengelola (Bp. Ahim Sulaiman) di no. telepon di atas untuk kepastian jadwal pertunjukan rutinnya.


Booking.com


...Tari Klasik & Wayang Golek :Hlmn sebelumnya | Hlmn berikut: Belanja...


Jangan lupa ikutan LIKE US yaaa




Komentar Anda:


Isi komentar adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Anda sebagai pengirim komentar harus membaca dan sepenuhnya menyetujui Syarat dan Ketentuan Komentar Anda (klik disini), Syarat dan Ketentuan (klik disini) serta Kebijakan Privasi (klik disini) JoTravelGuide.com.





jika menurut anda situs kami membantu memberikan informasi terkait, anda dapat menyumbang untuk membantu kelangsungan tayang situs ini, kami dapat menerima bantuan melalui tombol paypal "Donate" dibawah ini. terima kasih



Booking.com