Toko Oleh-Oleh Populer di Bandung

Brownies Amanda

Brownies Amanda mulai memproduksi brownies kukus semenjak tahun 1999 dan kemudian terkenal sebagai oleh-oleh khas Bandung. Mereka berkembang dan memperluas jangkauan tidak hanya di Bandung, melainkan juga di beberapa kota lainnya di Indonesia, seperti Bogor, Bekasi, Yogyakarta, Surabaya, Medan, dll. Untuk di Dago, Brownies Amanda telah berdiri sejak tahun 2007. Tidak hanya menyediakan brownies kukus original saja, mereka juga memproduksi brownies dalam beragam varian, seperti cheese cream, tiramisu, sarikaya pandan, choco marble, dan lainnya.


Lokasi:Jl. Ir. H. Djuanda No. 167
Telepon:022 92754195
Website:www.amandabrownies.co.id
Jam operasional:setiap hari, pk. 7:00-20:30
Kisaran harga:
Fasilitas:toilet, café, area parkir
Fasilitas umum terdekat:ATM, hotel, mini market
Tempat menarik terdekat:factory outlet di sepanjang Jl. Ir. H. Juanda
Cara menuju ke sana:dari Dago Plaza, naik angkot menuju Dago dan turun di depan toko (tarif: Rp. 2.000 selama 10 menit perjalanan)
Keterangan:menerima pembayaran dengan kartu kredit. Ramai di saat akhir pekan. Di Bandung, Brownies Amanda juga tersedia di Jl. Cikawao, Jl. Terusan Jakarta, Jl. Pasir Kaliki, dan Jl. Rancabolang.

Elina Keramik

Elina Keramik adalah sebuah galeri dan workshop keramik yang membuat kerajinan dari tanah liat sejak tahun 2001. Produk yang dihasilkan adalah fashion accessories, hiasan interior dan hiasan eksterior, dan produk pakai sehari-hari, seperti gelas, teko, asbak, dan lainnya yang merupakan buatan tangan langsung (bukan mesin). Mereka juga menyediakan produk dengan desain gambar khas Bandung, seperti Gedung Sate, batik, dan lainnya.

Di sini pengunjung juga bisa melihat proses pembuatan keramik, mulai dari teknik cetak, slab, maupun putar, proses pembakaran, hingga proses pewarnaan (glasir).


Lokasi:Jl. Taman Pramuka No. 181
Telepon:022 7208402
Fax:022 7234570
Jam operasional:setiap hari, pk. 8:00-17:00
Fasilitas:restoran, musholla, toilet, WiFi
Fasilitas umum terdekat:ATM, mesjid, hotel, apotek, mini market
Tempat menarik terdekat:factory outlet di sepanjang Jl. R. E. Martadinata
Cara menuju ke sana:dari factory outlet Heritage di Jl. R. E Martadinata, naik angkot menuju Margahayu dan turun di depan Restoran Kongkow. Dari sana dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 120 meter ke arah selatan menuju toko ini
Keterangan:lakukan konfirmasi terlebih dahulu untuk kunjungan lebih dari 20 orang.

Galeri Cupumanik - Galeri Wayang Golek

Galeri Cupumanik didirikan oleh H. Herry Hermawan (Alm) pada tahun 1980. Ia adalah seorang seniman lulusan seni rupa ITB yang tertarik pada seni patung. Ide membuat wayang golek ini tercetus karena keinginan Pak Herry untuk menampung pengrajin wayang di daerah Purwakarta, Jawa Barat. Pada tahun 1987, Pak Herry Hermawan mendapat penghargaan Upakarti atas dedikasinya terhadap kebudayaan tradisional Sunda dari Presiden Soeharto.

Saat ini Galeri Cupumanik dikelola oleh putrinya yang bernama Shanty dan telah memiliki sekitar 40 pegawai. Wayang golek produksi mereka sangat terkenal tidak hanya di Bandung, melainkan juga di berbagai kota di Indonesia, seperti Surabaya, Bali, dan Yogyakarta. Selain wayang golek, mereka juga menjual berbagai jenis kerajinan Sunda,seperti miniatur angklung, gamelan, dll. Harga wayang golek mereka berkisar antara Rp. 50.000-Rp. 3.000.000.


Lokasi:Jl. (Gang) Haji Akbar No. 10
Telepon:0812 2366991, 4239456
Fax:022 4239456
Website:www.cupumanik_wayang.indonetwork.co.id
Email:cupumanikwayanggolek@yahoo.com
Biaya masuk:gratis, namun untuk kunjungan rombongan pelajar dan mahasiswa dikenakan tarif Rp. 12.000/orang (sudah termasuk merchandise)
Jam operasional:Senin-Jumat, pk. 8:00-16:00, Sabtu pk. 8:00-14:00, tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional (akan dibuka jika ada permintaan)
Fasilitas:toilet, tempat makan
Fasilitas umum terdekat:ATM, mini market
Tempat menarik terdekat:Kartika Sari, Istana Plaza
Cara menuju ke sana: Akses menuju Jalan/Gang Haji Akbar bisa melalui Jalan Kebonkawung (sebelah utara stasiun kereta api Bandung), kira-kira 250 meter dari Jalan Pasir Kaliki atau 400 meter dari Jalan Cicendo (kompleks rumah Gubernur/Gedung Pakuan)
Dengan angkot: naik yang menuju St Hall atau stasiun kereta api Bandung dan beritahu sopir bahwa Anda ingin ke Jalan Kebonkawung. Dari Setrasari Plaza, naik angkutan St.Hall-Sarijadi ke arah stasiun dan turun di depan Jalan/Gang Haji Akbar. Ongkos Rp. 2.500,00 selama 20 menit
Keterangan:pengunjung bisa menyaksikan proses produksi wayang golek. Hanya menerima pembayaran dengan uang tunai. Jumlah maksimal rombongan adalah 50 orang.

Galeri Kayoe

Galeri Kayoe berdiri pada 2004 dan menjual barang-barang antik dari berbagai kota di Indonesia, seperti Jawa Timur dan Jawa Tengah. Kebanyakan barang antik yang dijual berupa barang-barang antik dari kayu (seperti kursi, lemari, dll), kerajinan tangan (seperti tempat tisu, gantungan kunci, dll), serta lukisan. Mereka juga menjual lukisan berdasarkan permintaan.

Produk-produk mereka tidak hanya terkenal di pasar domestik, melainkan juga di pasar internasional, seperti di Malaysia, Inggris, Australia, dll.


Lokasi: Puri Isola Kav. 19 (Jl. Raya Lembang))
Telepon:081320293007
Email:lintangkayoe@yahoo.com
Jam operasional:setiap hari, pk. 9:00-21:00
Fasilitas:toilet
Cara menuju ke sana:dari Terminal Ledeng, naik angkot jurusan Lembang. Anda dapat meminta sopir angkot untuk menurunkan Anda di Puri Isola (dekat Eldorado dan Madu Perhutani). Tarif: Rp. 2.000 selama kurang lebih 10 menit perjalanan
Keterangan:hanya menerima pembayaran dengan uang tunai dan harga bisa ditawar.

Galeri Tatarah

Galeri Tatarah berdiri pada tahun 1935 dan terkenal dengan koleksi lukisan naturalisnya. Galeri lukisan ini dijalankan dari generasi ke generasi dan saat ini dipegang oleh Bp. Bagja Wijatma, yang merupakan generasi ketiganya. Lukisan koleksi mereka berasal dari berbagai seniman lokal dan berbagai daerah di Indonesia, bahkan lukisan seniman dari tahun 1920-an juga ada di sini.

Wisatawan domestik maupun mancanegara, seperti Perancis, Jerman, AS, Jepang, dan para kolektor seni pernah berkunjung ke galeri ini. Biasanya mereka senang untuk menikmati lukisan-lukisan naturalis, seperti Gunung Merapi (1965) serta lukisan lainnya. Selain lukisan, Galeri Tatarah juga menjual batu pertama dari Indonesia dan India.


Lokasi:Jl. Braga No. 77
Telepon:022 4217111 atau 085223717281 (Bp. Bagja Wijatma)
Jam operasional:Senin-Sabtu, pk. 8:00-19:00, Minggu pk. 9:00-14:00
Fasilitas umum terdekat:ATM, money changer, hotel, mini market, restoran
Tempat menarik terdekat:Jalu Braga, Patung Tentara Pelajar dan Patung Laskar Wanita (Laswi)
Cara menuju ke sana: Dapat ditempuh dengan berjalan kaki dari Jalan Asia Afrika dan Jalan Merdeka (kira-kira 1,2 kilometer dari Bandung Indah Plaza atau Hotel Hyatt atau Hotel Santika)
Dengan angkot: dari Jalan Merdeka, naik yang menuju arah St Hall dari Sukajadi atau Dago (tarif: Rp. 1.500 selama 5 menit berkendara) dan beritahu sopir bahwa Anda ingin turun di Jl Braga
Keterangan:Galeri Tatarah juga menjual lukisan dan barang cinderamata lainnya. Menerima pembayaran dengan kartu kredit dan debit.

Jalu Braga

Toko seni yang merupakan singkatan dari Jajanan Lukisan Braga ini menawarkan berbagai macam lukisan dari para pelukis lokal, mulai dari lukisan kontemporer, abstrak, naturalis, ekspresionis, dll serta kerajinan tangan. Beberapa pelukis juga menawarkan lukis sketsa wajah dengan tarif sekitar Rp. 100.000 dan lukis wajah dengan harga Rp. 8.500.000.


Lokasi:Jl. Braga No. 29
Jam operasional:setiap hari, pk. 9:00-21:00
Fasilitas:toilet, musholla
Fasilitas umum terdekat:ATM, hotel, mini market, restoran
Tempat menarik terdekat:Museum Asia Afrika, Galeri Tatarah, Savoy Homann
Cara menuju ke sana: Dengan berjalan kaki dari Jalan Asia Afrika dan Jalan Merdeka (kira- kira 1,2 kilometer dari Bandung Indah Plaza, Hotel Hyatt atau Hotel Santika)
Jika Anda ingin naik angkot, dari sekitar Jalan Merdeka naik yang ke arah St Hall dari Sukajadi atau Dago (tarif: Rp. 1.500 dalam waktu 5 menit) dan katakan pada sopir bahwa Anda ingin berhenti di dekat Jl. Braga
Keterangan:Anda dapat memesan lukisan dengan menemui Bp. Yana Rais (pelukis) atau mengirim email ke Yana Rais Art: yeifal@yahoo.co.id atau yanaraiis@gmail.com. Harga lukisan bisa dinegosiasi.

Kartika Sari

Kartika Sari berdiri pada tahun 1986 dan terkenal akan pisang molennya, sejenis kue yang berisi pisang. Pisang molen merupakan salah satu makanan ringan yang terkenal di Bandung.

Pertama kali berdiri di Jalan Kebon Kawung (juga dikenal dengn nama Jalan Haji Akbar) dan saat ini telah memiliki 6 cabang di Bandung dan sekitarnya, seperti di Jalan Dago (Jalan Ir. H. Juanda), Antapani, Buah Batu, dan Cimahi. Kartika Sari Dago menawarkan konsep “one stop shopping” kepada pengunjung dengan beberapa fasilitas lain yang mereka berikan, seperti kafe dan factory outlet.


Lokasi:Jl. Ir. H. Juanda No. 85-87
Telepon: 022 2509500
Fax: 022 2512737
Email: ksbakery@hotmail.com
Website: www.kartikasari.com
Jam operasional : setiap hari, pk. 7:30-21:00, tutup pada Hari Raya Idul Fitri dan buka pk. 10:00 hari keagamaan lainnya
Fasilitas : tenant (aksesoris, cinderamata, pakaian, dll), kafe, factory outlet, area parkir, taman bermain, ATM, mushola
Fasilitas umum terdekat : ATM, money changer, rumah sakit
Tempat menarik terdekat : Dago Plaza, ITB, BIP
Cara menuju ke sana : dari Jl. Merdeka, naik angkot jurusan Dago dan turun di depan Kartika Sari (tarif: Rp. 2.000 selama 5 menit perjalanan)
Keterangan : Toko kue yang menjadi ciri khas Bandung ini tidak membuka cabang di luar Bandung sehingga sayang untuk dilewatkan!

Kedai Soes Miniku

Kedai Soes Miniku menjual kue-kue tradisional Indonesia dan terletak di dalam area restoran Dapurku. Toko kue ini sudah dibuka sejak tahun 2006 dan menyediakan kue soes dengan berbagai rasa: keju, cokelat, original, dan durian sebagai menu paling diminati pembeli.


Lokasi:Jl. Veteran No. 5 (di dalam area Restoran Simpang Raya)
Telepon:022 70405108, 0812203588
Jam operasional:Selasa-Minggu, pk. 8:00 sampai kue habis terjual. Tutup pada hari Senin
Fasilitas:toilet
Fasilitas umum terdekat:ATM, rumah sakit, money changer
Tempat menarik terdekat:Jl. Braga, Gedung Bank Indonesia
Cara menuju ke sana:dari Jalan Banda, naik angkot yang menuju ke Panghegar (tarif: Rp. 2.500 selama 10 menit) lalu turun tepat di restoran Simpang Raya
Keterangan:pesan antar di dalam kota Bandung dan ke Jakarta. Hanya menerima pembayaran dengan uang tunai.

Klapertart DenHaag

Toko yang dibuka pada tahun 2005 ini menjual Klapertaart Belanda. Klapertaart toko DenHaag yang terkenal diantaranya adalah original Klapertart dan yang rasa keju.


Lokasi:Jl. Ir. H. Juanda (Jl. Dago) No. 106
Telepon:022 92157765
Jam operasional:setiap hari, pk. 8:00-19:30. Minggu, pk. 10:30-19:30
Kisaran harga:Klappertaart basah Rp. 13.000–Rp. 94.000 dan Klappertaart kering Rp. 8.000-Rp. 45.000
Fasilitas:tempat parkir
Fasilitas terdekat:restoran, kafe, rumah sakit, ATM, hotel
Tempat menarik terdekat:ITB, JetSet, Grande, Uptown, Episode, Blossom, Kartika Sari
Cara menuju ke sana:dari Jalan Merdeka, naik angkot menuju Dago dan turun di depan DenHaag Klappertaart. Tarifnya Rp. 2.000 selama 10 menit perjalanan
Keterangan:menerima pembayaran dengan uang tunai, kartu debit, dan kartu kredit. Tokonya cukup kecil sehingga Anda harus melihat dengan lebih teliti untuk bisa menemukannya. Untuk layanan pesan antar di wilayah Bandung hubungi 022 92400524 (setiap hari, pk. 6:00-18.00), untuk wilayah Jakarta hubungi 022 91257279 (setiap hari, pk. 6:00-12:00).

Pabrik & Toko Kopi Aroma

Toko kopi ini sudah berdiri sejak tahun 1930 oleh keluarga keturunan Tionghoa. Pertama kali berdiri, Pabrik dan Toko Kopi Aroma diprakarsai oleh Tan Houw Sian dan saat ini dikelola oleh Bapak Widya Pratama, yang juga merupakan pemilik pabrik dan toko. Dikatakan bahwa kopi-kopi yang dijual di toko ini diproses tanpa menggunakan bahan-bahan kimia. Kopi-kopi tersebut didatangkan secara langsung dari perkebunan kopi di Aceh, Medan, Lampung, Jawa, Flores, dan Toraja.

Dijelaskan bahwa produk kopi Robusta dapat disimpan hingga sekitar 5 tahun dan sekitar 8 tahun untuk kopi Arabika. Keunikan Pabrik dan Toko Kopi Aroma adalah menggunakan mesin produksi yang sama sejak 1930 untuk memproses kopi-kopi serta menggunakan kayu bakar tanpa penambahan bahan kimia.


Lokasi:Jl. Banceuy No. 51
Telepon:022 4230473
Fax:022 4232648
Kisaran harga:kopi Robusta Rp. 12.500/250 gram, kopi Arabika Rp. 17.500/250 gram
Jam operasional:Senin-Sabtu, pk. 8:00-15:00. Tutup pada hari libur nasional
Fasilitas umum terdekat:ATM
Tempat menarik terdekat:Pasar Baru
Cara menuju ke sana:dengan angkot: naik angkot jurusan Gd. Bage-St. Hall dan turun di depan kantor BRI. Toko Kopi Aroma terletak sekitar 100 meter dari sana. Atau bisa juga dengan berjalan kaki sebentar dari Pasar Baru, selama kurang lebih 5 menit
Keterangan:pengunjung bisa melihat pabrik pembuatan kopi jika pemiliknya, Bapak Widya Pratama sedang berada di lokasi pabrik. Disarankan untuk menghubungi mereka terlebih dahulu (sebelum pk. 12:00) jika berminat untuk mengunjungi lokasi pabrik kopi (maksimal jumlah pengunjung yaitu 15 orang).

Prima Rasa

Memiliki spesialisasi dalam kue-kue dan roti, seperti bolen (kue khas Bandung yang berisi pisang atau peuyeum), brownies, risoles (kue yang yang berisi daging atau sayuran), dan lainnya.


Lokasi:Jl. Kemuning No. 20
Telepon:022 7203440, 7206468, 7204873
Jam operasional:setiap hari, pk. 6:00-20:00
Fasilitas umum terdekat:ATM, hotel
Tempat menarik terdekat:factory outlet di sepanjang Jl. R. E. Martadinata
Cara menuju ke sana:dari Jl. Laswi, naik angkot menuju Dago dan turun di Taman Cempaka (tarif: Rp. 2.000 selama sekitar 5 menit perjalanan). Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 200 meter menuju Prima Rasa
Keterangan:menerima pembayaran dengan kartu kredit. Prima Rasa juga tersedia di Jl. Pasir Kaliki No. 163, Jl. Buah Batu No. 169, Jl. Peta No, 63A, dan Jl. Purwakarta No. 95, Bandung. Biasanya ramai saat akhir pekan.

Pusat Kerajinan Jabar (Jabar Craft Center)

Pusat Kerajinan Jabar dimiliki dan dikelola oleh pemerintah provinsi Jawa Barat dan diresmikan pada Agustus 2006. Tidak hanya sebagai toko pusat kerajinan, seperti wayang golek, angklung, batik, keramik, dll, tempat ini juga digunakan sebagai pusat promosi dan informasi pengrajin di Jawa Barat.


Lokasi:Jl. Ir.H. Juanda No. 19
Telepon:022 4203914
Website:www.dekranasjabar.com
Email:info@dekranasjabar.com
Jam operasional:setiap hari, pk. 9:00-16:00. Tutup pada hari libur nasional
Fasilitas:pusat informasi, toilet
Tempat menarik terdekat:BIP dan Gedung Bank Indonesia
Cara menuju ke sana: Dengan berjalan kaki: dari persimpangan Jalan Riau, belok ke kiri dan jalan sekitar 200 meter
Dengan angkot: naik angkot yang menuju Kalapa-Dago lalu turun di depan Jabar Craft Center
Keterangan:dimiliki dan dikelola oleh pemerintah daerah. Sebagian besar produk yang dijual di Pusat Kerajinan Jabar (Jabar Craft Center) adalah wayang golek, batik dan angklung. Hanya menerima pembayaran dengan uang tunai.

Kembali ke atas


Ruhiyat

Ruhiyat berupa galeri dan workshop yang telah berdiri sejak 1973 dan menjual kerajinan tangan lokal: wayang golek, topeng, serta berbagai cinderamata lainnya. Saat ini Toko Ruhiyat dikelola oleh anak laki-laki Ruhiyat yang bernama Bp. Tatang Heriyana setelah sepeninggal ayahnya pada 1998. Terletak di sebuah rumah milik Ruhiyat, seorang seniman terkenal Bandung, pengunjung dapat melihat cara para pegawai di tempat ini membuat wayang.

Ruhiyat sangat terkenal di kalangan turis mancanegara, terutama turis Belanda dan sepeninggal Ruhiyat pada tahun 1998, toko ini dijalankan oleh Bp. Tatang Heriyana, anak laki-lakinya. Walaupun pengunjung dapat melihat proses pembuatan wayang oleh karyawan Toko Ruhiyat, mereka tidak menyediakan pemandu yang bisa memberi penjelasan secara khusus proses pembuatan wayang-wayang tersebut.


Lokasi:Jl. Pangarang Bawah III No. 78/17B
Telepon:022 4201335, 081394605012 (Bp. Tatang Heriyana)
Biaya masuk:gratis (sumbangan sukarela diharapkan untuk kunjungan rombongan)
Jam operasional:setiap hari, pk. 8:00-17:00
Fasilitas umum terdekat:ATM, hotel, apotek, mini market, mesjid, Pusat Informasi Pariwisata
Tempat menarik terdekat:Jl. Asia Afrika, Mesjid Raya Bandung, Alun-alun Bandung, Savoy Homann
Cara menuju ke sana:dapat dicapai dengan berjalan kaki dari Jalan Asia Afrika, kira-kira 500 meter ke arah selatan sepanjang Jalan Homan (sebelah Hotel Savoy Homann)
Keterangan:hanya menerima pembayaran dengan uang tunai. Karena lokasinya yang “tersembunyi”, pengunjung mungkin harus bertanya ke penduduk sekitar mengenai arahnya.

Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo didirikan pada tahun 1996 oleh Udjo Ngalagena dan istrinya Uum Sumiati. Bangunannya dibuat dengan menggunakan setting tradisional Sunda dengan gubuk dan interior bambu, serta dikelilingi dengan banyak pohon bambu. Selain pertunjukan angklung, Saung Angklung Mang Udjo juga memiliki pusat kerajinan bambu dan workshop instrumen dari bambu. Biaya workshop-nya sekitar Rp. 45.000/orang.

Setiap harinya para pengunjung bisa melihat pertunjukan seni dan budaya, seperti Perjunjukan Bambu Sore (Afternoon Bamboo Show) di aula pk. 15:30-17:30. Saat ini mereka juga melengkapi saung angklung tersebut dengan fasilitas penginapan, guest house dengan tujuh kamar. Harga sewa kamar berkisar dari Rp 250.000.


Lokasi:Jl. Padasuka No. 118 (kecamatan Padasuka)
Telepon:022 7271714, 7101736
Fax:022 7201587
Website:www.angklung-udjo.co.id
Email:info@angklung-udjo.co.id
Jam operasional:setiap hari, pk. 9:00-18:00
Biaya masuk:pertunjukkan bambu: Senin-Jumat, Rp. 60.000 untuk wisatawan lokal dan Rp. 100.000 untuk wisatawan asing; Sabtu sore, Rp. 70.000 untuk wisatawan lokal dan Rp. 110.000 untuk wisatawan asing. Kunjungan budaya: Rp. 20.000, parkir mobil gratis
Fasilitas:penginapan, toko cinderamata, toilet, kafetaria, akses internet WiFi
Fasilitas umum terdekat:mini market, apotek, warnet
Cara menuju ke sana: Dengan taksi dari pusat kota (sekitar Rp. 50.000)
Dari kota dengan angkot: naik yang mengarah ke terminal Cicaheum dan jelaskan pada sopir kalau Anda menuju ke Saung Udjo (akan turun kira-kira 200 meter sebelum terminal). Dari sana bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki atau naik ojeg (tarif: Rp. 3.000)
Keterangan:menerima pembayaran dengan uang tunai, kartu debit maupun kredit. Jadwal pertunjukkan bambu: Senin-Sabtu, pk. 10:00-11:30, pk. 13:00-14:30, pk. 15:30-17:30, pk. 18:30-20:00. Rombongan dengan jumlah minimal 50 orang sebaiknya melakukan reservasi setidaknya 1 bulan hingga 2 minggu sebelum kedatangan.

Sumber Hidangan

Sumber Hidangan merupakan sebuah toko kue yang khusus menjual kue-kue khas Belanda, seperti Bokkepoot Doublet (kue kering terbuat dari kacang/almond dan dicelup ke cokelat), Krentenbrood (roti kismis), vruchten zandtaart (sejenis pai berisi buah kering). Kue-kue buatan mereka tidak menggunakan bahan pengawet dan pengembang. Selain kue, mereka juga menyediakan makanan Barat, seperti steak (ayam, daging sapi, dan babi), nasi goreng, dan es krim, seperti Sumber Hidangan Special (es krim dengan aneka rasa, seperti kopi, kopyor, vanilla, raspberry dengan topping buah dan kismis).

Berdiri sejak tahun 1929, pada mulanya toko ini bernama Het Snoephuis (The Candy House atau toko makanan manis). Toko ini memiliki konsep "zaman dulu" yang bisa dilihat dari langit-langit bangunannya yang tinggi serta interior kuno, seperti toples, etalase, dan timbangan kue. Lampu-lampu dan mesin kasir yang tua menambah kesan lama pada restoran ini. Selain itu mereka memakai kertas untuk membungkus kue atau roti, bukan plastik.


Lokasi:Jl. Braga No. 20-22
Telepon:022 4236638
Jam operasional:setiap hari, pk. 10:00-13:30 dan pk. 16:30-19:00. Tutup pada hari Minggu
Biaya masuk:pertunjukkan bambu: Senin-Jumat, Rp. 60.000 untuk wisatawan lokal dan Rp. 100.000 untuk wisatawan asing; Sabtu sore, Rp. 70.000 untuk wisatawan lokal dan Rp. 110.000 untuk wisatawan asing. Kunjungan budaya: Rp. 20.000, parkir mobil gratis
Fasilitas:toilet
Fasilitas umum terdekat:ATM, hotel, mini market, mesjid, Pusat Informasi Pariwisata
Tempat menarik terdekat:Jl. Braga, Museum Konperensi Asia Afrika, Jl. Asia Afrika, Alun-Alun, Mesjid Raya
Cara menuju ke sana:dari Museum Konperensi Asia Afrika di Jl. Asia Afrika, jalan kaki sekitar 300 meter ke Jl. Braga
Keterangan:hanya menerima pembayaran dengan uang tunai. Pembayaran kue dan makanan dilakukan secara terpisah.

Toko Barang Antik & Cinderamata Sin Sin

Toko cinderamata ini didirikan pada tahun 1943 dan menyediakan berbagai macam kerajinan traditional dan modern berupa patung kayu, kerajinan perak, gantungan kunci, dll. Produk kerajinan tangan mereka tidak hanya berasal dari Jawa Barat, namun juga berasal dari berbagai kota di Indonesia lainnya, seperti Jawa Tengah, Bali, Sumbawa, dan Kalimantan.


Lokasi:Jl. Braga No. 59
Telepon:022 4238574
Fax:022 4200520
Jam operasional:Senin-Sabtu, pk. 9:00-17:30, Minggu pk. 9:00-12:00. Tutup pada hari libur nasional
Cara menuju ke sana: Dengan berjalan kaki dari Jalan Asia Afrika atau Jalan Merdeka (kira-kira 1,2 kilometer dari Bandung Indah Plaza, Hotel Hyatt atau Hotel Santika)
Jika Anda ingin menggunakan angkot, naik angkot dari Jalan Merdeka yang menuju arah St Hall dari Sukajadi atau Dago (tarif: Rp. 1.500 selama 5 menit perjalanan) dan katakan kepada sopir bahwa Anda akan turun di dekat Jalan Braga
Keterangan:menerima pembayaran dengan kartu debit dan kredit. Produk yang paling banyak diminati wisatawan adalah wayang, angklung, kujang, dll.

Toko Buku Djawa

Toko Buku Djawa adalah salah satu toko-toko “bersejarah” yang berlokasi di sepanjang Jalan Braga. Toko buku ini sudah beroperasi di lokasi yang sama sejak tahun 1955 atau tahun diselenggarakannya Konferensi Asia Afrika di Bandung! Saat ini mereka menjual buku-buku dalam Bahasa Indonesia, majalah dan alat tulis menulis.


Lokasi:Jl. Braga No. 78
Telepon:022 4231087/0812-2002719
Fax:022-4260710
Jam operasional:Senin-Sabtu, pk. 7:30-18:00. Tutup pada hari Minggu
Fasilitas umum terdekat:ATM, hotel, money changer, apotek, minimarket, warnet, pusat layanan informasi pariwisata, restoran, toko cinderamata
Tempat menarik terdekat:Alun-alun, Gedung Harian Pikiran Rakyat, Jalan Braga, Hotel Savoy Homann, Mesjid Raya Bandung, Museum Asia Afrika
Cara menuju ke sana: Dapat dicapai dengan berjalan kaki dari Jalan Asia Afrika, dari Jalan Merdeka (dari sekitar Bandung Indah Plaza, Hotel Hyatt, Hotel Santika berjarak sekitar 1,2 kilometer)
Dengan angkot: dari Jalan Merdeka, naik angkot yang menuju Kalapa lalu turun di depan Hotel Preanger (tarif: Rp. 2.500 selama kurang lebih 15 menit perjalanan) dan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 200 meter menuju Jalan Braga
Keterangan:menerima pembayaran dengan kartu kredit (Visa/Master).

Kerajinan Tas Elizabeth

Didirikan oleh Ibu Elizabeth pada 1963, bisnis ini berkembang dari industri rumah tangga menjadi industri besar yang tokonya bertebaran di berbagai kota besar di Indonesia. Toko ini menjual berbagai produk tas jinjing kulit imitasi, sepatu, dll.

Tas dengan keseluruhan bahan baku dari Indonesia ini tidak hanya diminati oleh wisatawan dalam negeri, tas buatan mereka juga banyak diburu wisatawan mancanegara, seperti Malaysia, Korea, Hongkong, dan lainnya.


Lokasi:Jl. Otto Iskandar Dinata (Otista), Jl. Ibu Inggit Ganarsih 15 (toko pusat)
Telepon:022 5226557 (toko pusat), 5201125 (kantor)
Website:www.elizabethbag.com (kantor)
Email:ezpusat@bdg.centrin.net.id
Jam operasional:Senin-Sabtu, pk. 9:00-21:00
Fasilitas:toilet, mushola, area parkir, kafe
Tempat menarik terdekat:Monumen Bandung Lautan Api, Museum Sri Baduga Jawa Barat (dari toko pusat)
Fasilitas umum terdekat:Pasar Baru
Cara untuk ke sana:dari Bandung Indah Plaza naik angkot yang menuju Kebon Kelapa lalu turun di terminal Kebon Kelapa, (tarif: Rp. 2.500 selama 20 menit berkendara), dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 100 meter menuju toko ini
Keterangan:Tas Elizabeth terkenal dengan kerajinan tangan dari kulitnya, seperti sepatu, tas, dan lainnya. Harga tas wanita mulai dari Rp. 20.000-Rp. 250.000. Pembayaran bisa dilakukan dengan kartu debit dan kredit.

Toko Old & New

Toko Old & New mempunyai spesialisasi dalam menjual beragam barang-barang baru dan bekas. Mereka katakan bahwa toko mereka adalah yang terlengkap di Bandung.


Lokasi:Jl. R.E. Martadinata (Riau) No. 85
Telepon:022 4203727
Jam operasional:setiap hari, pk. 10:00-21:00
Fasilitas:area parkir, toilet
Tempat menarik terdekat:Gedung Sate, Heritage, STAMP
Fasilitas umum terdekat:restoran, kafe, ATM, hotel, kantor pos, toko
Cara untuk ke sana:dari Jalan Merdeka, naik angkot yang menuju Margahayu lalu turun di depan Heritage (tarif: Rp. 2.000 selama kurang lebih 5 menit perjalanan). Toko Old & New terletak tidak jauh dari Heritage
Keterangan:menerima pembayaran dengan uang tunai, debit, maupun kredit.

...Belanja di Bandung :Hlmn sebelumnya | Hlmn berikut: Pusat Perbelanjaan...