versi cetak transportasi dalam kota bandung  

Transportasi Dalam Kota Bandung

| Transportasi Udara | Transportasi Darat | Dalam Kota Bandung |
| Pinggir Kota Bandung |


Transportasi becak juga ada di BandungLalu lintas dalam kota Bandung belakangan ini tidak jauh berbeda dengan kondisi lalu lintas di kota Jakarta, khususnya pada akhir pekan atau libur panjang dimana pengunjung dari Jakarta memadati jalan-jalan disini. Pada saat-saat lalu lintas padat di kota Bandung, berjalan kaki mungkin akan menjadi pilihan paling tepat bagi wisatawan yang ingin menikmati obyek wisata maupun suasana "Paris van Java". (Foto-foto dibawah ini dapat Anda klik untuk tampilan lebih besar).

Beberapa foto kondisi jalan di Bandung Beberapa foto kondisi jalan di Bandung Beberapa foto kondisi jalan di Bandung
Beberapa foto kondisi jalan di Bandung saat macet Beberapa foto kondisi jalan di Bandung Utara Beberapa foto kondisi jalan di Bandung

Saat berjalan kaki di kota Bandung, jika Anda merasa mengalami kesulitan untuk menyeberang jalan, jangan sungkan-sungkan untuk minta bantuan pada masyarakat setempat untuk menyeberang. Banyak pula kondisi tempat pejalan kaki di Bandung tidak mudah untuk dilalui kereta dorong bayi atau kursi roda. Berikut kami suguhkan beberapa foto kondisi tempat jalan kaki di kota Bandung sebagai gambaran awal.

Sarana pejalan kaki di kota Bandung Sarana pejalan kaki di kota Bandung Sarana pejalan kaki di kota Bandung Sarana pejalan kaki di kota Bandung
Sarana pejalan kaki di kota Bandung Sarana pejalan kaki di kota Bandung Sarana pejalan kaki di kota Bandung Sarana pejalan kaki di kota Bandung
Sarana pejalan kaki di kota Bandung Sarana pejalan kaki di kota Bandung Sarana pejalan kaki di kota Bandung


Catatan tambahan: sehubungan dengan kenaikan harga BBM tahun 2013, ongkos transportasi di Bandung umumnya naik sekitar Rp. 500 hingga Rp. 1000 dari ongkos yang tercantum di sini.

SEPEDA

Bandung kini memiliki saran penyewaan sepeda yang diberi nama "Bike Sharing". Komunitas ini memiliki 5 'shelter' di kota Bandung, salah satunya berada di Jl. Ir. H. Juanda (Dago). Buka dari jam 8 hingga 4 sore dengan tarif Rp. 3.000 per jam-nya. Klik Facebook mereka untuk informasi terbaru mengenai Bike Sharing ini.

BECAK

Becak hingga kini juga masih menjadi salah satu pilihan transportasi bagi masyarakat kota Bandung. Untuk menghindari "harga yang berlebih" yang mungkin saja diminta oleh sopir becak, Anda bisa menanyakan terlebih dahulu kepada karyawan hotel tempat Anda menginap mengenai ongkos terkini becak. Ongkos becak sendiri biasanya bervariasi, sekitar Rp. 7.000 hingga Rp. 20.000, tergantung dari jarak perjalanan Anda. Sebagai gambaran, ongkos naik becak untuk jarak tempuh sekitar 1,5 kilometer (kurang lebih 7 menit) adalah Rp. 10.000. Naik becak akan menjadi pilihan yang cukup baik kalau Anda lelah berjalan dan ingin menikmati hembusan udara Bandung!

BUS UMUM


Bus umum di kota Bandung juga tersedia dengan tarif yang relatif murah, yaitu Rp. 4.500 sekali jalan. Sayangnya bus-bus umum tidak menjangkau daerah di luar kota Bandung. Dan yang menjadi pertimbangan utama jika Anda menggunakan transportasi ini adalah waktu pemberangkatan. Sopir bus akan menunggu muatannya sampai penuh sebelum berangkat. Berapa lama Anda harus menunggu? Tidak ada yang tahu kecuali sang sopir! (Seperti umumnya di daerah lain mungkin...?)



ANGKOT

Cara yang paling umum bagi penduduk Bandung untuk berkeliling adalah dengan Angkot (Angkutan Kota). Anda akan melihat angkot dengan banyak warna (hijau, biru muda, coklat muda, kuning, dan seterusnya) dan tarif atau ongkos tergantung pada jarak tempuh perjalanan Anda. Kalau Anda ragu akan berapa ongkos yang harus dibayar, Anda dapat tanyakan pada penumpang lain untuk kepastiannya, namun sebagai gambaran, jarak tempuh pendek sekitar 1-2 kilometer, seperti perjalanan dari Jalan Cihampelas ke Bandung Indah Plaza/Hotel Hyatt, ongkosnya hanya Rp. 2.000! Sementara jarak yang lebih jauh normalnya sekitar Rp. 4.000.

Angkot di Bandung memuat 10 penumpang, duduk berhadap-hadapan, dan biasanya 4 di sisi kiri dan 6 di sisi kanan. Saat jalan-jalan bebas dari kemacetan, naik angkot akan bisa menghemat waktu Anda (dengan ongkos yang relatif murah!). Sopir angkot di Bandung memiliki kebiasaan mengklakson untuk mendapatkan perhatian orang-orang (calon penumpang?) di pinggir jalan. Sebagaimana umumnya angkot di kota-kota lain di Indonesia, Anda juga dapat naik atau turun dimana saja.


Bus dan Angkot terminal di Bandung
Bus dan angkot di dalam sebuah terminal di Bandung

Angkot dalam keluar kota Bandung Bis Damri dalam kota Bandung Salah satu angkot yang melayani dalam kota Bandung
Angkot dan bus umum di Bandung


Trayek (tujuan awal-akhir) angkot tertulis di bagian atas jendela kaca depan dan pada jendela belakang angkot. Sebagai contoh “Ledeng-Cicaheum” atau “Ledeng-Cicaheum pp” atau “Cicaheum-Ledeng pp” semuanya memiliki arti sama: berangkat dari terminal Ledeng ke terminal Cicaheum atau sebaliknya. Bertanya pada masyarakat setempat akan membantu Anda untuk mendapatkan angkot ke tujuan dengan benar dan hingga kini umumnya mereka akan sangat membantu Anda tanpa pamrih.

Angkot di Bandung Suasana dalam angkot Bandung Lagi suasana angkot di Bandung Naik angkot di Bandung


Halaman selanjutnya: Taksi dan Sewa Mobil di Bandung





Jangan lupa ikutan LIKE US yaaa



Kembali ke atas



Komentar Anda Untuk Halaman Ini: 20 komentar


Isi komentar adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Anda sebagai pengirim komentar harus membaca dan sepenuhnya menyetujui Syarat dan Ketentuan Komentar Anda (klik disini), Syarat dan Ketentuan (klik disini) serta Kebijakan Privasi (klik disini) JoTravelGuide.com.

Nama:

liyun 12 Okt 2014

Komentar:

Permisi, mau tanya. Kalau dari pasar caringin ke batu nunggal gimana ya kalo mau naik angkot atau bis. Makasih sebelumnya :)

Nama:

henny 18 Jan 2014

Komentar:

mbak,,mw nanya dri airport k hotel ibish kira2 jarak nya jauh gk?dan ongkos klw naik taksi brapa yaa makasih

Nama:

akbar ardele 27 Des 2013

Komentar:

kang mau tanya dari bandara husein ke terminal lewi panjang naik angkot apa aja ya kang mohon bantuan nya kang,,

Nama:

tari 18 Okt 2013

Komentar:

mau nanya, ini saya mau ke bandung pertama kali, kalo dari bandara husein sastranegara ke jl. prof eickjman naik taksi BB atau GR berapa ya?di bandara ada kn taksi2 tersebut?terimakasih sebelumnya

Nama:

Yenti 1 Sep 2013

Komentar:

Numpang nanya mas. Saya dari bandara soekarno hatta naik damri ke bandung. Dari pemberhentian akhir damri, kalo mau ke jatinangor naik apa ya.

Nama:

JoTravelGuide 16 Jul 2013

Komentar:

Cheapest way may not be the easiest way, especially for foreigners travelling in a group in Bandung. May be you can try to arrange a car rental (a minivan) and ask them to pick you all up at the airport and hire them for a few days (don't forget to bargain!). Contact details can also be found here (we just provide information, we don't provide commercial transactions). Thanks for your visit to our website Sim and we wish you have a pleasant holiday in Bandung!

Nama:

Sim 15 Jul 2013

Komentar:

May I know which is the cheapest way of transportation from the Airport to Braga Area? How much and how long is the journey? We have 10person in our group, we would like to visit the Maribaya Waterfall & Volcano (approx 6km away). Which means of transportation is recommended? Would it be better to go on sunday or saturday?

Nama:

Nana 5 Jun 2013

Komentar:

Mau tanya kang kalo dari perumahan BOJONG MALAKA INDAH andir ke STSI buah batu kalo naek taksi kira kira berapa?

Nama:

adhee 12 Mei 2013

Komentar:

dari airport (Husein Sastranegara) pergi terminal bus leuwi panjang berapa mnt kalau baik angkot ada gak yah naik taxi kira'' berapa ongkos heee makasih

Nama:

JoTravelGuide 15 Apr 2013

Komentar:

Halo Kartini, ke Ciwidey bisa naik bus umum atau "angkot" (L300) dari Terminal Leuwipanjang atau juga dari Terminal Kebun Kalapa. Dari Terminal Ciwidey dilanjut angkot lagi yang menuju ke arah Kawah Putih. Ongkos total seharusnya dibawah Rp. 15.000 untuk sekali jalan (bisa tanya penumpang kiri kanan untuk konfirmasi ongkos "terbaru"). Demikian, selamat berlibur ya.

Nama:

kartini 14 Apr 2013

Komentar:

Mau tanya klu dr gua batu atw buah batu (saya kurang jelas) mau ke kawah putih ciwidey itu naik angkutan umum apa selain taksi ya,dan berapa untuk kisaran ongkosnya

Nama:

JoTravelGuide 22 Okt 2012

Komentar:

Terima kasih untuk kunjungan dan komentarnya kang Teguh. Ongkos taksi bisa bervariasi, tergantung perusahaan taksi, jarak yang ditempuh sama si supir dll. Tapi untuk kisaran harga, sekitar Rp. 30.000, sekali lagi ini hanya kisaran harga (jangan lupa tinggalkan komentar Anda mengenai ongkos taksi Anda disini ya, jika Anda jadi naik taksi :)

Untuk angkot, Anda harus berganti-ganti angkot. Salah satu alternatifnya adalah naik yang menuju ke Terminal Kalapa (sekitar 20 menit, Rp. 2.500) dan dari sana naik yang mengarah ke Binong, turun di depan Trans Studio Bandung (sekitar 20 menit, Rp. 2.500).

Semoga bisa membantu. (Jangan lupa untuk ikutan "Like" Facebook kami di www.facebook.com/JoTravelGuideDotCom).

Nama:

teguh 22 Okt 2012

Komentar:

mau tanya kang,kalo dari leuwipanjang ke Trans studio via angkot gmana kang? Dan kalo taksi brapa kisaran biayanya?

Nama:

JoTravelGuide 19 Okt 2012

Komentar:

Halo kang Yudi, terima kasih untuk kunjungan dan komentarnya. Itu pertanyaannya, dari terminal Leuwipanjang kemana? Mungkin informasi yang kami sebutkan di atas bisa dijadikan acuan/referensi Anda.

Nama:

yudi 19 Okt 2012

Komentar:

Kang .. untuk jarak tempuh dan ongkos angkot atau taksi kira2 berapa lama dan berapa ongkosnya jika saya dari terminal bis di leuwipanjang

Nama:

JoTravelGuide 14 Sep 2012

Komentar:

Hi Diana, thank you for your visit and comment. Unfortunately we don't sell any kind of travel services (yet). Please refer to related information given in JoTravelGuide.com and you can contact them directly. Wishing you have a pleasant holiday in Bandung.

Nama:

Diana 13 Sep 2012

Komentar:

Hi..
Im looking for a van plus a driver for renting. Will be arriving in bandung with a pax of 11 people. Need transport for sight seeing for 2 days on 26th - 27th October 2012. Please quote me your price. Thank you

Nama:

JoTravelGuide.com 8 Jun 2012

Komentar:

Halo Nury,

Jarak dari terminal Cicaheum ke airport "lumayan" jauh, terutama kalau naik angkot. Naik taksi akan lebih nyaman, tetapi pastikan taksi Anda memakai argo (meter). Contoh taksi yang menggunakan argo adalah Blue bird, GR Taksi atau Taksi Kota Kembang.

Hotel dekat airport: Anda dapat bermalam di dekat station kereta api Bandung, karena selain berada di daerah wisata, airport juga tidak jauh dari sana (hanya dalam hitungan beberapa menit Anda bisa sampai di airport). List hotel berharga relatif murah dapat dilihat disini:
http://www.jotravelguide.com/ID/indonesia/bandung/hotel_bintang_2.php.

Semoga perjalanan Anda selama di Bandung menyenangkan.

Salam dari kami,

JoTravelGuide.com

Nama:

Nuripah Darsan 7 Jun 2012

Komentar:

Jarak dari airport ke terminal cicaheum jauh ga? Mana yang lebih nyaman naik angkot/taksi. Hotel apa yg paling murah deket airport, berapa tarifnya semalam? Saya mo ke Cirebon tapi mau stay semalam kat Bandung

Nama:

Kian Lee 21 Mar 2012

Komentar:

We (4 pax) are looking at renting a passenger van with driver in Bandung. Date: Monday (16th April-15:15hrs) to Friday (20th April-11:15hrs) 4 pax, 4 x golf bag. Usage morning till late (3am to 4am) daily. Area Bandung airport, Hotel, Dago area, Town. Please provide me with your price / quotation and will confirm the hiring.


Kembali ke atas


jika menurut anda situs kami membantu memberikan informasi terkait, anda dapat menyumbang untuk membantu kelangsungan tayang situs ini, kami dapat menerima bantuan melalui tombol paypal "Donate" dibawah ini. terima kasih