versi cetak tempat wisata religi di lembang  

| Air Terjun Maribaya | Observatorium Astronomi Bosscha | Gua Maria Karmel
Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda | Vihara Vipassana | Villa Isola | Taman Wisata Maribaya


GUA MARIA KARMEL

Walaupun sebenarnya bukan merupakan tujuan wisata, mungkin Gua Maria Karmel dapat dimasukan kedalam daftar tempat yang patut dikunjungi bagi umat Katolik yang ingin berdua secara khusuk di ketinggian Jawa Barat yang sejuk. Konon, bangunan awal di Gua Maria Karmel adalah sebuah gereja kecil dan asrama biarawati Belanda, tetapi sejak Indonesia mendeklarasikan kemerdekaannya, semua berubah dan saat ini sudah tidak ada lagi biarawati Belanda maupun asramanya. Namun, gereja kecil ini masih berdiri dengan indah setelah dilakukan renovasi yang selesai pada tahun 1989.

Gua Maria Karmel Gua Maria Karmel Gua Maria Karmel
Gua Maria Karmel Gua Maria Karmel Gua Maria Karmel

Di Gua Maria Karmel terdapat dua “jalan kecil” untuk pengunjung yang akan memberikan sisi berbeda dari tempat ini. Di jalan pertama, pengunjung akan melihat 14 patung berbeda-beda dari “Via Dolorosa” yang terkenal. Sedangkan jalan kedua merupakan jalan kecil menuju Gua Maria Karmel, di mana pengunjung bisa berdoa dengan khusuk dengan pemandangan bukit di depan area.

Setiap hari Minggu pagi di jalan gerbang masuk gereja selalu ada ”pasar kaget”, di mana pengunjung dapat membeli sayuran dan buah-buahan yang berasal dari kebun milik penduduk sekitar Gua Maria Karmel.


Lokasi:Jl. Karmel II / 51, Lembang
Telepon:022 2786152
Jam operasional:Gua Maria Karmel buka setiap hari, pk. 7:00-19:00. Gereja buka setiap hari, pk. 6:00-16:00. Jadwal misa: Senin-Jumat, pk. 6:30; Sabtu, pk. 17:45; Minggu, pk. 8:00
Biaya masuk:gratis
Fasilitas:toilet
Fasilitas umum terdekat:ATM, warung internet, mini market, apotek
Tempat menarik terdekat:Tugu/Patung Sapi Perah, Vihara Vipassana
Cara menuju ke sana:dengan angkot: sebelum Pasar Lembang, ada papan petunjuk “Gua Maria Karmel” (terletak tepat di sebelah Hotel Pesona Bambu). Dari terminal angkot Ledeng, Anda bisa naik angkot yang menuju Lembang dan turun di Hotel Pesona Bambu (tarif: Rp. 3.000) dalam waktu 20 menit
Keterangan:pengunjung Gua Maria Karmel umumnya adalah pengunjung perorangan yang ingin berdoa secara pribadi. Beberapa pengumuman lainnya dapat dibaca pada papan pengumuman yang dipasang di dekat pintu masuk ke Gua Maria Karmel. Tidak diperbolehkan mengambil foto.

VIHARA VIPASSANA

Pagoda menarik ini dibangun satu persatu oleh pengusaha kaya Indonesia yang berdarah Thailand melalui perusahannya pada tahun 1992 yang kemudian diresmikan oleh Menteri Agama pada tahun 1995.


Vihara Vipassana Lembang Indonesia Vihara Vipassana Lembang Indonesia Vihara Vipassana Lembang Indonesia Vihara Vipassana Lembang Indonesia
Vihara Vipassana Lembang Indonesia Vihara Vipassana Lembang Indonesia Vihara Vipassana Lembang Indonesia Vihara Vipassana Lembang Indonesia

Kisah dari Vihara Vipassana ini dimulai pada tahun 1985, di mana seorang biksu dari Thailand datang ke Bandung untuk bertapa. Pemeluk agama Budha setempat bersama dengan seorang biksu dari Thailand tersebut akhirnya bisa menyelamatkan area yang akan mereka gunakan untuk membangun Vihara Vipassana ini. Saat ini terdapat 7 orang biksu dari Thailand dan Indonesia yang tinggal di vihara ini untuk melakukan meditasi dan kebaktian.


Lokasi:Jl. Kol Masturi No. 69 (sekitar 3 kilometer dari Jalan Raya Lembang, dekat restoran "Sapu Lidi")
Telepon:022 2787664, 0819812009 (SMS)
Fax:022 2787665
Website:www.vipassanagraha.org
Email:khantide@vipassanagraha.org, kolmasturi69@yahoo.co.id
Jam operasional:setiap hari, pk. 7:00-17:00
Biaya masuk:gratis
Fasilitas:toilet, lahan parkir, toko buku, toko cinderamata, dan perpustakan
Fasilitas umum terdekat:rumah makan
Cara menuju ke sana:dengan angkot: naik dari terminal Ledeng ke arah Lembang (tarif: Rp. 3.000 dengan waktu tempuh selama 20 menit) dan turun setelah Anda melihat papan petunjuk jalan ke “Cisarua” di sisi kanan jalan (sebelah pos polisi atau kira-kira 6,5 kilometer dari terminal Ledeng). Lanjutkan dengan naik angkot yang menuju Cisarua (Rp. 3.000 dengan lama perjalanan 20 menit). Dengan ojek: dari terminal Ledeng (tarif: Rp. 10.000) atau dari Jalan Raya Lembang (tarif: Rp. 7.500 dengan waktu tempuh 30 menit)
Keterangan:Lembang (tarif: Rp. 7.500 dengan waktu tempuh 30 menit). Vihara akan sangat ramai terutama saat hari raya keagamaan, seperti Katina dan Waisak. Dianjurkan untuk mengenakan pakaian sopan (tidak mengenakan celana pendek, rok pendek, dan tank top). Pihak vihara menyediakan sarung yang bisa digunakan oleh para pengunjung yang mengenakan celana pendek. Lepas alas kaki Anda saat masuk ke dalam vihara. Kantin hanya buka pada hari Minggu.

Halaman sebelum ini: Lembang, Air Terjun Maribaya, Observatorium Astronomi Bosscha | Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda | Villa Isola
Halaman selanjutnya: Taman Wisata Maribaya

Booking.com


Kembali ke atas


Jangan lupa ikutan LIKE US yaaa




Komentar Anda Untuk Lembang:


Nama:

date

Komentar:

0 komentar

Isi komentar adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Anda sebagai pengirim komentar harus membaca dan sepenuhnya menyetujui Syarat dan Ketentuan Komentar Anda (klik disini), Syarat dan Ketentuan (klik disini) serta Kebijakan Privasi (klik disini) JoTravelGuide.com.



Kembali ke atas


Booking.com