versi cetak Gereja Katolik St. Petrus batam  

| Pura Agung Amertha Buana | Mesjid Agung Batam | Gereja Katolik St. Petrus |
| GBIP Immanuel Batam | Vihara Budha Maha Vihara Duta Maitreya | Vihara Tua Pek Kong |



Gereja Katolik St. Petrus merupakan gereja katolik pertama di Batam. Gereja ini berupa bangunan megah dua lantai dengan gaya arsitektur khas gotik —tipikal gaya arsitektur gereja-gereja di Eropa. Diperkirakan Gereja Katolik St. Petrus ini bisa menampung hingga 1.200 jemaat. Selain nilai artistik yang ditawarkan, gereja ini juga menyimpan nilai historis yang cukup penting bagi umat Katolik di Batam hingga akhirnya ditasbihkan menjadi salah satu obyek wisata religi di Batam. Tidak hanya wisatawan domestik, wisatawan dari mancanegara juga pernah berkunjung ke gereja ini, seperti dari Singapura, Malaysia, dll.

Kisah gereja ini berawal dari inisiatif beberapa perantau Flores yang tiba diba di Batam pada 1959, seperti Theodorus Salaka, Moses Musa, Petrus Piatu Atawolo, dan beberapa perantau lainnya untuk mendirikan sebuah kapel kebaktian untuk berdoa setiap Minggu-nya. Pada 1961 akhirnya berdiri sebuah kapel sederhana di sebuah pinggiran pantai di Batu Ampar. Kapel yang hanya terbuat dari kayu, beratapkan ilalang, dan berlantai pasir ini diberi nama Kapel St. Maria.


Gereja Katolik St. Petrus Gereja Katolik St. Petrus Gereja Katolik St. Petrus
Gereja Katolik St. Petrus Mesjid Agung Batam Gereja Katolik St. Petrus


Klik gambar di atas untuk menampilkan foto Gereja Katolik St. Petrus yang lebih besar.


Masalah mulai muncul saat perusahaan-perusahaan asing mulai masuk ke Batam pada 1969. Keberadaan gereja ini pun terkena imbasnya. Bangunannya harus dibongkar dan segera dipindahkan ke daerah Sei Jodoh. Proses pembangunan kembali gereja di Sei Jodoh ini pun terhalang oleh pembangunan jalan raya Batu Ampar-Jodoh-Nagoya. Hingga akhirnya seorang muslim Batam, Bpk. H. R. Muhammad memberikan sebagian lahan yang ia miliki di sebelah Mesjid Raya (sekarang Mesjid Agung) untuk dijadikan lahan pembangunan Kapel St. Maria.

Keberadaan gereja ini kembali dipindah ketika pemegang kekuasaan wilayah Batam diserahkan kepada Otorita Batam. Kapel St. Maria dipindah ke Bukit Baloi, tempat di mana Gereja Katolik St. Petrus sekarang berdiri. Nama St. Petrus sendiri diambil dari kondisi tanah Bukit Baloi yang penuh dengan bebatuan, sesuai dengan nama Petrus yang berarti batu karang. Gereja ini dibangun pada awal Desember 2005 dan diresmikan pada 10 Mei 2009. Bagi Anda yang ingin berdoa dengan lebih khusuk, Gereja Katolik St. Petrus juga memiliki Gua Maria yang diresmikan pada 1 November 2006.



Lokasi:Jl. Anggrek No. 1 Blok II, Lubuk Baja
Telepon:0778 457755
Email:paroki_santopetrus@yahoo.com
Jam operasional:setiap hari
Biaya masuk:gratis
Fasilitas:toko peralatan ibadah, toilet, pemandu wisata (konfirmasi terlebih dahulu)
Fasilitas umum terdekat:rumah sakit, hotel
Cara menuju ke sana:dengan menggunakan kendaraan pribadi dari Batam Centrer, gereja ini bisa dicapai dalam waktu sekitar 10 menit perjalanan
Keterangan:untuk kunjungan grup disarankan untukmelakukan konfirmasi terlebih dahulu setidaknya 3 hari sebelum kedatangan.

...Mesjid Agung Batam :Hlmn sebelumnya | Hlmn berikut: GBIP Immanuel Batam...



Booking.com





Komentar Anda: 4 komentar


Isi komentar adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Anda sebagai pengirim komentar harus membaca dan sepenuhnya menyetujui Syarat dan Ketentuan Komentar Anda (klik disini), Syarat dan Ketentuan (klik disini) serta Kebijakan Privasi (klik disini) JoTravelGuide.com.

Nama:

Mik 7 Mar 2015

Komentar:

the hotel staff can tell you, no?

Nama:

ben fong 7 Mar 2015

Komentar:

Can anyone help or know the mass times for this church on Good Friday, How long will it take me to reach there by taxi if I stay at bcc hotel, thks

Nama:

JoTravelGuide.com 28 Jan 2014

Komentar:

Agree! :)

Nama:

KUMAR S 27 Jan 2014

Komentar:

MARVELOUS CHURCH, MUST VISIT IF YOU ARE IN BATAM


Kembali ke atas


jika menurut anda situs kami membantu memberikan informasi terkait, anda dapat menyumbang untuk membantu kelangsungan tayang situs ini, kami dapat menerima bantuan melalui tombol paypal "Donate" dibawah ini. terima kasih





Booking.com