versi cetak hutan wisata bukit mata kucing batam  

| Hutan Wisata Bukit Mata Kucing | Kebun Buah Naga |



Berada di area seluas 200 hektar, Hutan Wisata Bukit Kucing merupakan tempat wisata yang menawarkan keindahan dari hutan lindung di Batam. Hutan wisata yang dibuka pada tahun 2003 ini masih alami dengan berbagai macam hewan dan tumbuhan yang ada di dalamnya, seperti beruang, ikan arwana, burung, kucing, monyet siamang, biawak, dll. Total hewan yang dilindungi dan dipelihara di hutan wisata ini berjumlah lebih dari 20 ekor. Hewan-hewan itu ditempatkan di sebuah kebun binatang mini di dalam kawasan hutan. Sedangkan untuk tanaman, terdapat tanaman mahkota dewa, pohon pakis, pasak bumi, dll.

Untuk Anda yang suka akan petualangan, menyusuri kawasan hutan lindung tentu akan menjadi pilihan yang sangat menarik. Namun karena kawasan hutan wisata ini masih alami, maka dianjurkan untuk menggunakan jasa pemandu wisata saat akan melakukan jungle tracking. Masih adanya beberapa hewan liar lain, seperti ular dan babi hutan, dll, serta medan lokasi yang tentunya masih asing bagi Anda merupakan beberapa faktor alasan menggunakan pemandu wisata. Total waktu tempuh yang diperlukan untuk menyusuri hutan ini kurang lebih 4 jam pulang-pergi (perkiraan waktu untuk berjalan santai).


Hutan Wisata Bukit Mata Kucing Hutan Wisata Bukit Mata Kucing Hutan Wisata Bukit Mata Kucing Hutan Wisata Bukit Mata Kucing
Hutan Wisata Bukit Mata Kucing Hutan Wisata Bukit Mata Kucing Hutan Wisata Bukit Mata Kucing Hutan Wisata Bukit Mata Kucing


Klik gambar di atas untuk menampilkan foto Hutan Wisata Bukit Mata Kucing yang lebih besar.


Sebuah taman bermain sederhana disediakan bagi pengunjung yang membawa buah hati mereka. Atau mungkin mencoba peruntungan Anda untuk bisa melihat sekawanan ikan arwana berukuran besar (panjang sekitar 1 meter) yang berada di dalam sebuah kolam di dekat kantin. Warga lokal percaya bahwa jika ikan arwana berukuran besar tersebut menampilkan diri mereka kepada Anda, maka keberuntungan akan berpihak kepada Anda. Selain ikan arwana, di dalam kolam tersebut terdapat ikan alligator, tiger catfish, dll. Di atas kolam dibuat sebuah jembatan gantung yang mampu menguji adrenalin Anda untuk berjalan di atas kolam yang berisi ikan-ikan raksasa!

Di pinggir kolam tersebut, disediakan pendopo atau gazebo berukuran kecil dan sedang untuk tempat istirahat para pengunjung. Disarankan untuk mengoleskan lotion anti nyamuk dan mengenakan celana panjang agar terhindar dari gigitan nyamuk. Hutan Wisata Bukit Mata Kucing ini banyak dikunjungi oleh berbagai kalangan, mulai dari anak muda hingga keluarga, baik domestik maupun mancanegara, seperti Malaysia, Singapura, Amerika Serikat, Perancis, Australia, dan Jepang.


Lokasi:Jl. R. Suprapto, Desa Kibing, Kec. Batu Aji
Telepon:0778 7033555, 081364644193
Jam operasional:Senin-Sabtu, pk. 8:30-18:00; MInggu dan hari libur nasional, pk. 8:00-18:00
Biaya masuk:Rp. 10.000/dewasa, Rp. 5.000/anak-anak, Rp. 2.000/mobil, Rp. 1.000/sepeda motor
Fasilitas:kantin mini, toilet, mushola, pemandu wisata gratis (khusus untuk jungle tracking)
Cara menuju ke sana:dengan menggunakan kendaraan pribadi dari pusat kota Batam akan memakan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan
Keterangan:hanya menerima pembayaran dengan uang tunai. Untuk pemandu wisata, sebaiknya Anda menghubungi pihak pengelola setidaknya tiga hari sebelum kedatangan.

...Vihara Tua Pek Kong :Halaman sebelumnya | Halaman berikut: Kebun Buah Naga...






Komentar Anda: (2 komentar)


Nama:

JoTravelGuide 16 Okt 2013

Komentar:

Thanks for your comment Arnoud. This seems to be 'common issues' in developing countries. Sad things :(

Nama:

arnoud rebel 15 Okt 2013

Komentar:

It is dirty and a terrible place for animals. It is cruel the way they keep animals here. People are reining bottles at the crocodiles and stones to the monkeys. This is a big disgrace!

Isi komentar adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Anda sebagai pengirim komentar harus membaca dan sepenuhnya menyetujui Syarat dan Ketentuan Komentar Anda (klik disini), Syarat dan Ketentuan (klik disini) serta Kebijakan Privasi (klik disini) JoTravelGuide.com.



Kembali ke atas