versi cetak tari melemang dan tari zapin di pulau Batam  


Tari tradisional di Batam banyak dipengaruhi oleh tari tradisional dari Bintan, Kepulauan Riau maupun tari khas Melayu lainnya, di antaranya bisa dilihat di bawah ini:

Tari Melemang

Tari Melemang merupakan tari tradisional yang sebenarnya berasal dari Tanjungpisau Negeri Bentan Penaga, Bintan, Kep. Riau pada
abad ke-12. Pada saat itu tarian ini hanya dipertunjukkan di depan keluarga Kerajaan Bentan saja dan dibawakan oleh para dayang kerajaan. Namun saat Kerajaan Bentan runtuh, Tari Melemang berubah menjadi sebuah pertunjukan rakyat.

Biasanya tarian ini dimainkan oleh 14 orang, yang masing-masing akan berperan sebagai raja, permaisuri, putri kerajaan, pemain musik, penyanyi, dan penari. Para pemain tersebut akan mengenakan kostum dan tata rias khas Melayu. Selama pertunjukan mereka akan diiringi oleh berbagai alat musik, seperti akordion, gong, biola, dll.

Tonton pertunjukan Tari Melemang dibawah ini: www.youtube.com




Tari Zapin

Tari Zapin mencerminkan pengaruh kuat dari Arab yang biasanya dipertunjukkan untuk menyambut tamu terhormat. Tari Zapin berkembang dan terbagi menjadi berbagai jenis, seperti Tari Zapin Bengkalis, Silang Berempat, Penyengat, Siak, Tembong, dll. Karena perkembangannya tersebut, Tari Zapin pun mengandung makna yang berbeda-beda, seperti Zapin Bengkalis yang bercerita tentang kegembiraan muda-mudi dalam mengekspresikan cinta kasih mereka, atau Zapin Tembong yang mengandung unsur bela diri.

Tonton pertunjukan Tari Melemang dibawah ini: www.youtube.com



Booking.com

Mega Wisata Ocarina :Halaman sebelum | Halaman berikut: Wisata Belanja di Batam






Ayo Jangan Lupa Tulis Komentar Anda:


Nama:

date

Komentar:

0 komentar

Isi komentar adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Anda sebagai pengirim komentar harus membaca dan sepenuhnya menyetujui Syarat dan Ketentuan Komentar Anda (klik disini), Syarat dan Ketentuan (klik disini) serta Kebijakan Privasi (klik disini) JoTravelGuide.com.



Kembali ke atas


jika anda tertarik menyumbang untuk membantu kelangsungan tayang situs ini, kami dapat menerima bantuan melalui tombol paypal "Donate" dibawah ini. terima kasih





Booking.com