versi cetak transportasi umum di batam  

Angkot | Ojek | Taksi | Bus | Penyewaan Mobil


Kondisi transportasi di jalan-jalan utama Kota Batam tidak begitu ramai setiap harinya. Kemacetan hanya terjadi, terutama saat jam-jam pulang kerja saja, yaitu sekitar pk. 16:00-19:00. Simpang Kabil, yang merupakan jalur kendaraan antar berbagai daerah di Batam, seperti dari Muka Kuning, Barelang ke daerah pusat kota, seperti Batam Centre dan Nagoya —maupun sebaliknya biasanya macet saat jam-jam tersebut. Seperti kota-kota lain di tanah air, di kota ini Anda juga akan melihat para sopir angkot menaikkan dan menurunkan penumpang di sembarang tempat.Juga bagi para pejalan kaki disarankan untuk lebih berhati-hati saat akan menyeberang jalan.

Kota Batam memiliki beberapa pilihan kendaraan umum bagi para pendatang dan turis, seperti angkotan umum (angkot) yang biasa disebut dengan “metro trans” oleh penduduk setempat, ojek, bus umum dan bus rapid transit (Trans Batam), maupun taksi. Sayangnya untuk angkot atau metro trans dan bus umum baru tersedia untuk beberapa area saja, seperti di Batam Center, Nagoya, Nongsa, Bengkong, dll. Disarankan untuk tidak naik angkot sendirian di Kota Batam saat kondisi sudah gelap atau saat kondisi jalan sudah sepi atau di tempat-tempat dimana lampu penerang jalan tidak begitu terang –kecuali jika Anda sudah mengenal area tersebut. Catatan: tarif yang tercantum disini adalah tarif sebelum kenaikan harga BBM di tahun 2013 lalu.

ANGKOT

Angkot atau metro trans di Batam bisa dengan mudah dibedakan berdasarkan warna-warnanya. Di bawah ini adalah beberapa tujuan angkot atau metro trans di Batam berdasarkan warnanya:



Nomor MikroletWarna Trayek
1 Putih/ merah mudaJodoh-Nongsa
2CoklatMuka Kuning-Batu Aji
3HijauJodoh-Bengkong
4KuningBengkong-Muka Kuning
5OranyeJodoh-Punggur
6Merah tuaJodoh-Batu Aji-Dapur 12 via Sukajadi
7Biru tuaJodoh-Batu Aji-Tanjung Uncang via Batam Center

Satu angkot atau metro trans bisa menampung sekitar 8-9 orang (termasuk sopir). Tidak seperti angkot di Bandung, di mana para penumpang duduk saling berhadapan, di Batam para penumpang duduk menghadap ke depan. Karena ruang kosong di dalam angkot tidak besar, maka bagi Anda yang banyak membawa barang bawaan atau barang dengan ukuran besar, maka menggunakan angkot bukanlah sebuah keputusan bijaksana. Untuk tarif angkot di Kota Batam tergantung dari jauh atau dekatnya tempat tujuan Anda. Misalnya, dari Batam Centre International Ferry Terminal (Batam Centre) ke Nagoya Hill Shopping Mall (Jl. Imam Bonjol, Nagoya) tarifnya sebesar Rp. 3.000, atau ke daerah Nongsa sebesar Rp. 8.000.


OJEK

Ojek sebenarnya adalah taksi motor tak berlisensi yang lebih diminati banyak orang karena dapat membawa penumpang ke tempat tujuan mereka dengan lebih cepat. Pangkalan ojek dapat dikenali melalui papan nama yang tulisan tangan, yang berbunyi “Pangkalan Ojek”. Di jalan, mereka bisa dikenali dengan “helm cadangan” dan mereka sering berjalan pelan ketika mencari penumpang. Tarif jarak dekat yang dinegosiasikan kira-kira Rp. 5.000.

TAKSI

Sebagian besar taksi yang beroperasi di Batam merupakan taksi non-argo meter. Tidak seperti di beberapa kota besar lain di tanah air, tidak semua taksi di Batam menggunakan logo taksi di bagian atap mobilnya. Beberapa taksi merupakan mobil sedan milik pribadi sehingga mungkin agak sulit bagi Anda untuk membedakannya dengan ‘mobil sedan pribadi non taksi’. Yang paling mudah untuk menandainya yaitu dari jenis mobil sedan yang digunakan merupakan jenis mobil sedan model lama dan biasanya berwarna hitam. Uniknya, taksi jenis ini bisa menaikkan penumpang lainnya meskipun sudah ada penumpang lain di dalamnya, kecuali jika Anda bilang “carter” kepada sopir. Oleh karena itu, Anda harus lebih berhati-hati jika ingin menggunakan taksi jenis ini, terutama jika Anda merupakan pendatang atau wisatawan yang belum begitu paham Kota Batam. Taksi non-argo meter bisa dengan mudah Anda temukan di sisi jalan-jalan utama kota Batam, di depan terminal feri, bandara, dan di tempat-tempat umum lainnya.

Tarif taksi non argometer sangat bervariasi, tergantung jauh dan dekatnya tempat tujuan Anda. Misalnya dari daerah Waterfront City ke Nagoya, atau sebaliknya tarifnya sekitar Rp. 120.000 (kurang lebih selama 30 menit perjalanan), ke Sekupang atau Batam Centre tarifnya sekitar Rp. 95.000, selama kurang lebih 15-20 menit perjalanan. Nagoya ke Nongsa atau sebaliknya tarifnya sekitar Rp. 150,000. Tarif tersebut masih bisa dinegosiasi. Jadi jangan ragu untuk menawar untuk mendapatkan tarif yang lebih murah! (Catatan: jangan mau jika diminta bayaran dalam mata uang asing, laporkan ke pihak berwajib jika Anda dipaksa! Ini Indonesia bukan negara tetangga :)

Saat ini (tahun 2013) baru ada satu armada taksi yang merupakan taksi argo meter di Batam, yaitu Silver Cab. Taksi ini menggunakan argometer digital yang akan mengeluarkan struk pembayaran, yang berisi total biaya, biaya panggil, waktu perjalanan, nama sopir dan kantor pusat yang bisa dihubungi untuk pemesanan taksi. Namun cukup disayangkan, saat ini taksi Silver Cab hanya melayani calon penumpang yang melakukan pemesanan terlebih dahulu ke kantor pusat. Anda bisa melakukan pemesanan taksi Silver Cab di nomor telepon: 0778 461000.


BIS UMUM

Keberadaan bus umum di Kota Batam masih sangat terbatas. Kini Batam telah memiliki Bus Rapid Transit yang dikenal dengan naman Trans Batam dan koridor yang dilayani saat ini berawal/berakhir di Sekupang, Batuaji dan Batam Center, koridor lain dikabarkan akan menyusul. Tarif Trans Batam adalah Rp. 4.000 (tahun 2016). Sementara bus kota (bus umum) juga tersedia walau melayani rute “Batam Centre-Batu Aji” dan “Batam Centre-Sekupang” dengan tarif masing-masing sama, yaitu Rp. 4.000 (tarif tujuan jauh dan dekat sama). Bus umum tersebut bisa Anda temui di depan Harris Hotel, Batam Centre. Namun, menggunakan bus umum tidak begitu direkomendasikan terutama bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu di Batam. Karena meskipun tarifnya murah, biasanya bus ini baru berangkat setiap 30-45 menit, bahkan lebih.



Booking.com

Kembali ke atas






Komentar Anda: 4 komentar


Isi komentar adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Anda sebagai pengirim komentar harus membaca dan sepenuhnya menyetujui Syarat dan Ketentuan Komentar Anda (klik disini), Syarat dan Ketentuan (klik disini) serta Kebijakan Privasi (klik disini) JoTravelGuide.com.

Nama:

JoTravelGuide 2 Feb 2015

Komentar:

Dear Som,
Thank you for your visit. We will have a closer look at what you reported. Thank you for your feedback.

Nama:

som 2 Feb 2015

Komentar:

this is a very guide to public transportation in Batam.There are,howeer, many more damri buses than the author has described e.g. there is a service from jodoh to sembulang;there is another service from jodoh to sekupang and a bus service from jodoh to hang nadim airport. Damri also operates from Hang Nadim to Batu Aji.All these services are both directions. Unfortunately the timings are uncertain and the schedules are not easily available. It would be a good promotion for Damri to print out the routes and schedules and make these easily available to the public.

Nama:

JoTravelGuide 2 Feb 2015

Komentar:

Dear Pak Wandi,
Terima kasih untuk kunjungan ke situs kami. Memang kami tidak revisi tarif baru angkot, hanya kami cantumkan bahwa tarif tercantum adalah tarif sebelum kenaikan BBM. Terlebih kondisi saat ini yang mana BBM bisa naik turun setiap saat. Terima kasih untuk saran Bapak melalui Facebook comment kami.

Nama:

Tanya 9 Sep 2014

Komentar:

Mas, kalo bus kotanya ap warnanya dan lewat trayek mana aj ??


Kembali ke atas


jika menurut anda situs kami membantu memberikan informasi terkait, anda dapat menyumbang untuk membantu kelangsungan tayang situs ini, kami dapat menerima bantuan melalui tombol paypal "Donate" dibawah ini. terima kasih





Booking.com