Tempat Religius : Vihara Tua Pek Kong

Vihara Tua Pek Kong

Tua Pek Kong atau yang juga dikenal dengan nama Vihara Budhi Bhakti ini disebut-sebut sebagai vihara tertua di Batam. Diresmikan pada 18 September 1986 oleh Pemerintah Otorita Batam kala itu, vihara ini menempati lahan seluas kurang lebih 650 meter persegi. Vihara Tua Pek Kong telah sering dikunjungi oleh berbagai wisatawan manca negara, seperti dari Korea Selatan, India, Singapura, Malaysia, dan Jepang.

Berbeda dengan beberapa vihara lainya, desain arsitektur Vihara Tua Pek Kong sangat kental dengan arsitektur China, lengkap dengan interior lampion-lampion merah yang menggantung di langit-langit ruangan serta unsur warna merah mencolok yang menyerupai sebuah kelenteng. Hingga saat ini, Vihara Tua Pek Kong masih aktif digunakan sebagai tempat ibadah umat Budha setiap harinya serta untuk perayaan hari besar keagamaan Budha.

Di samping vihara terdapat sebuah taman kecil yang berisi beberapa patung dewa, seperti Budha Maitreya, Dewi Kuan Im, serta beberapa patung dewa lainnya. Relief dewa-dewa juga menghiasi dinding luar vihara serta sebuah pagoda di bagian depannya. Tepat di sebelah vihara terdapat sebuah klenteng kecil bernama Klenteng Nabi Khong Hu Chu.


Lokasi:Windsor, Nagoya
Telepon:0778 424530
Jam operasional:setiap hari, pk. 6:00-18:00
Fasilitas:toilet, warung, kursus ajaran Budha (gratis)
Fasilitas umum terdekat:restoran, hotel, ATM
Cara menuju ke sana:dengan taksi dari Harbour Bay Ferry Terminal atau Batam Center International Ferry Terminal akan memakan waktu sekitar 15 menit
Keterangan:biasanya akan ramai oleh pengunjung pada akhir pekan. Saat ini, mereka sedang membangun sebuah gedung yang nantinya akan digunakan sebagai pusat kegiatan mereka, seperti sekolah, perpustakaan, dll, yangdiperkirakan akan selesai dibangun pada akhir tahun 2012.

...Vihara Budha Maha :Hlmn sebelumnya | Hlmn berikut: Wisata Alam...