Bunaken | Danau | Selat Lembeh | Arung Jeram | Air Terjun




Sungai Nimanga

Sungai ini merupakan satu kawasan arung jeram tingkat tiga, yang terpopuler di Minahasa (setelah Sungai Sawangan, lihat di bawah). Titik awalnya berlokasi di arung jeram “Karapi” di Desa Timbukar (nomor telepon: 08134062 8823). Jaraknya sekitar 8 kilometer.



Lokasi:Desa Timbukar di Kecamatan Sonder, Minahasa
Jam operasional:setiap hari
Biaya masuk:gratis. Biaya untuk arung jeram Rp. 180.000/orang (minimal 4 orang) atau Rp 150.000/orang (satu grup terdiri dari 7 orang atau lebih)
Fasilitas:tersedia toilet dan kamar mandi dengan air murni dari pegunungan, area parkir, perahu dan perlengkapan arung jeram
Cara menuju ke sana:berangkat dari Kota Tomohon ke Kecamatan Sonder dengan mikrolet (tarif: Rp 4.400), memakan waktu sekitar 15 menit. Lalu dari Sonder, naik ojek ke Desa Timbukar (katakan pada sopir untuk menurunkan Anda di titik arung jeram, tarif: sekitar Rp. 5.000). Perjalanan dengan ojek akan lebih mudah jika kondisi jalannya baik.
Keterangan:terdapat beberapa tempat menarik sepanjang perjalanan dari Tomohon ke Sonder, seperti air panas “Lampazu” di Desa Lahendong, industri kerajinan tangan di Desa Leilem, dan dua air terjun di sebelah kanan (dalam perjalanan menuju Timbukar).

Sungai Ranoyapo

Sungai ini merupakan sungai terpanjang dan memiliki arus terkuat di daerahnya. Dengan panjang sekitar 50 kilometer, sungai ini jarang dipilih untuk arung jeram karena tingkat arusnya yang cukup sulit (tingkat empat). Perjalanan untuk menyelesaikan arung jeram di sepanjang rute sungai ini akan memakan waktu sekitar 2 hari 1 malam.

Titik mulai biasanya dari Desa Lompad Lama di Minahasa Selatan dan selesai di jembatan Ranoyapo di Kota Amurang.


Lokasi:Desa Lompad Lama di Minahasa Selatan
Jam operasional:setiap hari
Biaya arung jeram:tergantung dari jumlah orang, wisatawan asing atau lokal. Silakan hubungi agen-agen perjalanan/pariwisata lokal
Cara menuju ke sana: dari Terminal “Malalayang” Manado, naik bus ke arah “Tompaso Baru” (tarif: Rp. 19.700 dan perjalanan akan memakan waktu sekitar 2,5 jam). Kemudian turun di pertigaan sebelah kiri yang terletak setelah Desa “Lompad Baru”, untuk kemudian menuju ke Desa Lompad Lama (katakan pada kondektur bus bahwa Anda ingin pergi ke desa “Lompad Lama” supaya dia dapat memberitahu jika sudah sampai tujuan). Dari Lompad Lama, Anda bisa naik ojek, dengan yang harga yang bisa ditawar antara Rp. 5.000 sampai Rp. 10.000. Perjalanan dengan ojek akan memakan waktu sekitar 15 menit untuk sampai pada jembatan gantung yang melintasi Sungai Ranoyapo. Jalanannya kecil dan tidak dalam kondisi yang baik
Keterangan:hati-hati dengan buaya! Mereka biasanya muncul sekitar pukul 7 pagi. Setengah perjalanan dari Manado sebelum belok kiri ke arah Tompaso Baru, bus akan melewati jalan trans-Sulawesi dengan pemandangan indah dari selat Manado dan Pulau Bunaken di sisi kanan jalan.

Sungai Sawangan

Sungai ini menawarkan arus yang cukup menantang (tingkat III) untuk arung jeram. Titik awal arung jeram berlokasi di resort kecil di Desa Sawangan yang bernama Resort River Park. Perlengkapan arung jeram biasanya disediakan oleh staf agen perjalanan/pariwisata. Jarak arung jeram sekitar 9 kilometer dan memakan waktu sekitar 2 jam.


Lokasi:Desa Sawangan di Kecamatan Airmadidi, Minahasa Utara
Jam operasional:setiap hari
Biaya masuk:Rp. 2.500 untuk masuk ke titik mulainya. Biaya untuk arung jeram Rp. 180.000/orang (minimum 4 orang) dan Rp. 150.000/orang (satu grup terdiri dari 7 orang atau lebih). Wisatawan memiliki harga berbeda (silakan hubungi agen perjalanan/pariwisata lokal untuk mengetahui informasi selengkapnya)
Fasilitas:toilet dan area parkir
Tempat menarik terdekat:Waruga
Cara menuju ke sana:dari terminal mikrolet “Pasar 45” di Manado, naik yang menuju Terminal “Airmadidi” (memakan waktu kurang dari 30 menit dengan jarak 18 kilometer). Dari terminal ini, naik ojek (biayanya sekitar Rp. 5.000) atau mikrolet yang melewati Desa Sawangan (tarif : Rp 7.000). Mikrolet biasanya akan menunggu sampai kursi penuh, bukan saja oleh penumpang tapi juga oleh barang-barang belanjaan. Dari Terminal Airmadidi ke titik awal di resort River Park [sekitar 6 sampai 7 kilometer] akan memakan waktu sekitar 15 menit dengan mobil atau 10 menit dengan motor atau ojek.




...Selat Lembeh :Hlmn sebelumnya | Hlmn berikut: Air Terjun Di Sekitar Manado...


Jangan lupa ikutan LIKE US yaaa




Komentar Anda:


Nama:

date

Komentar:

0 komentar

Isi komentar adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Anda sebagai pengirim komentar harus membaca dan sepenuhnya menyetujui Syarat dan Ketentuan Komentar Anda (klik disini), Syarat dan Ketentuan (klik disini) serta Kebijakan Privasi (klik disini) JoTravelGuide.com.



Kembali ke atas

jika menurut anda situs kami membantu memberikan informasi terkait, anda dapat menyumbang untuk membantu kelangsungan tayang situs ini, kami dapat menerima bantuan melalui tombol paypal "Donate" dibawah ini. terima kasih