Dua Sudara | Tangkoko | Klabat | Lokon | Mahawu | Bukit Temboan




Ada lebih dari sepuluh gunung di Minahasa, termasuk gunung berapi yang masih aktif di Sulawesi Utara. Di bawah ini adalah daftar gunung-gunung terpopuler untuk didaki di Bitung dan di Minahasa.

Di Bitung

Dua gunung terpopuler di kalangan pendaki di Bitung adalah Gunung Dua Sudara (1.351 meter) dan Gunung Tangkoko (1.109 meter), yang terhubung sejajar dengan bubungan timur laut dan tenggara.

Pendaki tidak memerlukan ijin khusus untuk mendaki, tetapi mereka harus membayar biaya masuk dan biaya pemandu (Rp. 85.000 untuk turis asing, Rp. 75.000 untuk turis Indonesia), yang bisa dibayar pada “Pos 1” di Cagar Alam Tangkoko-Dua Sudara di Desa Batu Putih. Jam operasional Pos 1 pk. 7:00-17:00.

Gunung Dua Sudara

Gunung ini terletak sekitar 12 kilometer dari pusat kota Bitung. Tergantung dari kecepatan Anda, biasanya waktu tempuh lebih dari empat jam untuk mencapai puncak karena kondisinya yang berlumpur.


Cara menuju ke sana:lihat transportasi ke Bitung dari terminal Paal 2 Manado. Dari Bitung ke Desa Batu Putih:
Dengan mikrolet: naik mikrolet jurusan “terminal Girian” (tarif: Rp. 2.500 dengan perjalanan selama 10 menit)
Dengan ojek: tarif Rp. 5.000 dengan lama perjalanan lima menit.

Gunung Tangkoko

Gunung ini berlokasi sekitar 22 kilometer dari pusat kota Bitung dan merupakan gunung yang paling direkomendasikan di Bitung untuk didaki karena terdapat berbagai macam hewan dan pepohonan yang dapat diamati. Puncak gunung ini bisa dicapai dengan lebih mudah dan lebih cepat dalam waktu kurang lebih 4 jam.




Cara menuju ke sana:lihat gunung Dua Sudara di atas
Keterangan:pastikan Anda membawa pakaian hangat, lotion anti serangga dan peralatan berkemah lainnya (kecuali jika Anda ingin menempuh perjalanan delapan jam naik dan turun gunung pada hari yang sama).

Di Minahasa Utara (Airmadidi)

Gunung Klabat

Gunung Klabat merupakan gunung tertinggi di Sulawesi Utara dan berada di ketinggian 1.995 meter di atas permukaan laut. Pendakian ke gunung ini membutuhkan waktu sekitar 7 sampai 8 jam, dan 4 jam untuk turun kembali. Sebagian besar pemuda lokal memilih untuk memulai pendakian pada malam hari. Namun untuk para pengunjung disarankan memulai pendakian pada siang hari. Dari puncak gunung, pendaki dapat melihat pemandangan Kota Manado, bandara, dan daerah-daerah sekelilingnya.


Fasilitas:kantor polisi di kaki gunung dan 6 pos (area landai untuk beristirahat) selama perjalanan menuju puncak gunung
Tempat menarik terdekat:Waruga Sawangan
Cara menuju ke sana:dari terminal “Pasar 45” di Manado, naik mikrolet jurusan Terminal “Paal 2”. Dari “Paal 2” naik mikrolet jurusan “Airmadidi” (informasi ongkos dari Manado ke Airmadidi). Dari “Airmadidi”, berjalan kaki sekitar 500 meter ke kantor polisi di mana pengunjung diharapkan melapor terlebih dahulu sebelum melakukan pendakian
Keterangan:untuk wisatawan asing, diharapkan untuk membawa kartu tanda pengenal atau passport. Jika tidak, Anda tidak akan diizinkan untuk mendaki. Disarankan untuk menggunakan jasa pemandu karena medan pendakian cukup tajam dan telah terjadi beberapa kasus orang hilang, bahkan kepada pengunjung yang sudah pernah melakukan pendakian sebelumnya.

Di Tomohon

Seperti halnya di Bitung, di Tomohon juga ada dua gunung yang menarik untuk dikunjungi, baik oleh pengunjung domestik maupun asing. Gunung-gunung tersebut adalah Gunung Lokon dan Gunung Mahawu. Izin pendakian yang bersifat wajib dapat diperoleh di Pusat Observatorium Lokon dan Mahawu (gambar di sebelah kiri), atau dari kantor pemerintah lokal untuk observasi gunung berapi. Kantor ini terletak di Jalan Okoy di Desa Kakaskasen III (telepon: 0431 351076) dan beroperasi selama 24 jam setiap hari. Proses perizinan ini tidak dikenakan biaya dan tidak memerlukan dokumen-dokumen tertentu.

Gunung Lokon bersifat lebih aktif dari Gunung Mahawu, dan baru-baru ini gunung tersebut meletus dan memaksa ratusan penduduk sekitar untuk mengungsi. Saat ini, Gunung Lokon dilaporkan dalam keadaan aman.


Gunung Lokon

Gunung Lokon yang berada pada ketinggian 1.580 di atas permukaan laut ini, bisa diakses melalui Desa Rurukan, sekitar 5 kilometer dari pusat Kota Tomohon. Letusan terbesar terakhir terjadi pada Oktober 1991. Hal ini mengakibatkan masyarakat lokal yang tinggal di Desa Kinilow (yang terletak tepat di kaki gunung) harus dievakuasi ke Desa Kakaskasen III. Satu-satunya korban adalah seorang juru foto asal Jerman, yang tewas saat terjadinya letusan. Namun sayang, tidak ada seorangpun yang dapat menemukan jasadnya.

Jika Anda ingin mendaki Gunung Lokon, pk. 7:00 adalah waktu yang tepat untuk memulai perjalanan Anda dari Desa Kakaskasen III. Dengan begitu, Anda akan dapat mencapai puncaknya saat masih dinginnya pagi. Ketika mencapai puncak, Anda akan melihat danau kawah, yang memiliki kedalaman sekitar 60 meter.


Cara menuju ke sana: dari Terminal Karombasan Manado naik bus yang menuju ke terminal Tomohon. Katakan pada sopir atau kondekturnya untuk menurunkan Anda di Desa Kakaskasen III. Info tarif dari terminal Karombasan Manado ke Tomohon
Keterangan: suhu bisa menjadi sangat dingin ketika Anda sampai di puncak. Oleh karena itu, disarankan untuk mengenakan pakaian hangat atau sweater. Pemandu tersedia dengan biaya Rp. 150.000 sampai Rp. 200.000.

Gunung Mahawu

Letusan terakhir Gunung Mahawu terjadi pada tahun 1958 dan tidak memakan korban jiwa. Gunung Mahawu berada pada ketinggian 1.331 meter dari permukaan laut, dan terletak bersebelahan dengan gunung Lokon, di sisi sebelah timur Kota Tomohon.

Banyak pendaki mengatakan, pendakian puncak Mahawu tidak seberat Gunung Lokon. Kebanyakan dari mereka bisa mencapai puncak Gunung Mahawu hanya dalam waktu 30 menit dari desa Rurukan (sebuah desa yang letaknya 5 kilometer dari pusat Kota Tomohon). Selain pemandangan indah dari area pertanian Rurukan, Anda juga akan melihat pemandangan menakjubkan Danau Tondano dan daerah sekitarnya ketika mendaki. Jika Anda mencapai puncak saat cuaca cerah, Anda bisa melihat Gunung Klabat, Gunung Lokon, Kota Manado, Pulau Bunaken, dan juga perbatasan Pulau Manado Tua, Kota Tomohon, bahkan Bitung, yang berjarak 45 kilometer dari Tomohon!


Biaya masuk:tidak ada biaya masuk untuk mendaki dan Anda bisa pergi kapan saja
Cara menuju ke sana: dari Terminal “Karombasan” Manado naik bus ke arah terminal Tomohon, dari terminal Tomohon naik mikrolet ke Desa Rurukan (tarif: Rp. 4.000) dan katakan pada sopir bahwa Anda ingin berhenti di titik awal menuju Mahawu
Keterangan:disarankan untuk menggunakan sweater karena suhu udara akan sangat dingin saat tiba di puncak.

Bukit Temboan

Selama bertahun-tahun, bukit ini telah menjadi tempat yang cukup menarik untuk dikunjungi ketika pengunjung melakukan wisata keliling dataran tinggi Minahasa. Selama dalam perjalanan ke bukit ini, Anda akan terkesima dengan pemandangan kebun botani nan cantik di sepanjang kiri kanan jalan (sayangnya saat ini kondisi jalan tidak dalam keadaan baik). Dari bukit ini, Anda dapat melihat pelabuhan internasional Bitung, Kota Tondano dan danaunya, Gunung Klabat, Selat Lembeh, dan pemandangan menakjubkan di sekeliling bukit.


Biaya masuk:wisatawan lokal Rp 2.500, wisatawan asing Rp. 3.500
Jam operasional:setiap hari dan hanya pada siang hari
Fasilitas:toilet dan area parkir
Cara menuju ke sana: Dengan mikrolet: dari Terminal “Tomohon Beriman” naik yang menuju Desa Rurukan (tarif: Rp. 3.500, dengan lama perjalanan kurang dari 15 menit). Katakan pada sopir untuk mengantar Anda ke Bukit Temboan karena jalur reguler mikrolet hanya melintasi jalan utama desa
Dengan ojek: perjalanan akan sangat cepat tapi memakan biaya Rp. 10.000
Keterangan: mikrolet terakhir dari Desa “Rurukan” ke Terminal “Tomohon Beriman” hanya sampai pk. 16:00. Lewat pk. 16:00, Anda harus naik ojek (Anda harus bersabar karena kemungkinan ojek sulit didapat dari bukit ini dan suhu akan sangat dingin setelah pukul 16:00). Selama musim hujan, suhu akan menjadi sangat dingin di bukit ini.




...Monumen & Tugu :Hlmn sebelumnya | Hlmn berikut: Museum...


Jangan lupa ikutan LIKE US yaaa




Komentar Anda:


Nama:

date

Komentar:

0 komentar

Isi komentar adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Anda sebagai pengirim komentar harus membaca dan sepenuhnya menyetujui Syarat dan Ketentuan Komentar Anda (klik disini), Syarat dan Ketentuan (klik disini) serta Kebijakan Privasi (klik disini) JoTravelGuide.com.



Kembali ke atas

jika menurut anda situs kami membantu memberikan informasi terkait, anda dapat menyumbang untuk membantu kelangsungan tayang situs ini, kami dapat menerima bantuan melalui tombol paypal "Donate" dibawah ini. terima kasih