Tempat Belanja Populer di Sulawesi Utara

Produk Kerajinan Lokal | Pusat Perbelanjaan




Produk Kerajinan Lokal

Anda dapat membeli kerajinan lokal di beberapa daerah di Sulawesi Utara, seperti di Desa Remboken yang dikenal baik akan produk tembikarnya; Desa Woloan akan produk rumah tradisionalnya; Desa Tinoor akan produk seni tenun kecilnya, dan masih banyak lagi.

Toko Cinderamata Bohusami


Lokasi:Jl. Sam Ratulangi No. 178, Manado
Telepon:0431 844694, 0811 433650
Jam operasional:Senin-Sabtu, pk. 8:30-18:30.


Gecko Artshop and Gallery

Toko seni ini dimiliki oleh Onong’s Palace dan menjual berbagai macam cinderamata besar dan kecil, yang mewakili seni kebudayaan Minahasa dan Lombok.


Lokasi:di jalan utama dekat dengan kolam renang air panas Indraloka, Minahasa
Website:www.tomohon-onong.com.

Kain Tenun Bentenan


Setelah sekitar seratus tahun menghilang dari dunia mode lokal, kain tenun Minahasa kembali terkenal beberapa tahun belakangan ini. Kain ini bahkan dipromosikan secara nasional di Indonesia. Dari 28 “Kain Tenun Bentenan” yang disimpan di beberapa negara, hanya beberapa diantaranya yang disimpan di Museum Nasional, Jakarta.

Di antara 7 motif tenunan dan/atau versi cetak Bentenan, ada empat jenis motif yang saat ini digunakan: “Kaiwu Patola”, “Pinatikan-Bantik”, “Koffo Sangihe Talaud”, dan “Sinoi”. Setiap motif mewakili empat dari sembilan suku di Minahasa.

Harga untuk Kain Tenun Bentenan (tenunan) berkisar mulai dari Rp. 700.000, sementara Kain Tenun Bentenan versi cetak harga bervariasi mulai dari Rp. 50.000 sampai Rp. 150.000 per meter.

Klik gambar di atas untuk menampilkan beberapa foto Kain Tenun Bantenan yang lebih besar.


Kantor perwakilan:Jl. A. Yani No. 8, Manado dan Kolongan Atas II, Sonder
Telepon:0431 862193 (Manado), 0431 356464 (Sonder)
Email:lyna_mark@yahoo.com
Jam operasional:Senin-Sabtu, pk. 9:00-17:00
Fasilitas:ruang pameran, workshop, gazebo, aula (untuk pertunjukan gratis seni dan kebudayaan), dan toilet
Cara menuju ke sana:naik mikrolet dari “Pasar 45” yang menuju “Sario-Kampus”
Keterangan:untuk kunjungan pada hari Minggu atau hari libur nasional, konfirmasikan terlebih dahulu setidaknya 1 hari sebelum kedatangan Anda.

Pabrik Gula Aren Masarang

Pohon palem tumbuh hampir di semua tempat di Sulawesi Utara, khususnya di Tomohon dan di bagian lain di daerah Minahasa. Sari palem adalah salah satu produk yang dihasilkan dari pohon ini, yang disebut “Saguer” oleh penduduk lokal, dan mengandung alkolhol berkadar rendah. Saguer kemudian diproses menjadi gula aren atau minuman beralkohol.


Klik gambar di atas untuk menampilkan beberapa foto Pabrik Gula Aren Masarang yang lebih besar.


Lokasi:Jl. Nazaret Matani III No. 327, Desa Tomohon/Tondano
Telepon:0431 354897 (Manado), 0431 352323, 353228 (pabriknya)
Email:info@masarang.or.id
Website:www.masarang.or.id
Jam operasional:Senin-Jumat, pk. 8:00-17:00
Fasilitas:toilet
Cara menuju ke sana: dari Manado naik bus ke Terminal Tomohon, lalu naik mikrolet yang menuju Desa “Sonder” (tarif: Rp. 3.000 dengan perjalanan sekitar 10 sampai 15 menit). Minta pada sopir untuk menurunkan Anda di dekat gereja dan lanjutkan perjalanan ke pabrik ini. Pabriknya berlokasi sekitar 3 kilometer dari jalan utama, jadi Anda bisa ke sana dengan berjalan kaki atau naik ojek
Keterangan:pabrik ini tidak menerima tamu saat jam makan siang. Tidak diizinkan mengambil foto di dalam pabrik dan diperlukan pemberitahuan awal mengenai kunjungan Anda.

Hutan Pinus & Kolam Pemandian Belerang


Ada beberapa tempat belerang yang bagus untuk dikunjungi, khususnya untuk mereka yang senang “mandi belerang”. Salah satu kolam pemandian belerang yang berkembang di daerah ini (tapi belum cukup terawat) adalah di Lahendong. Fasilitas pemandian yang dikelola oleh keluarga ini terbentang di atas satu hektar tanah yang mengandung belerang.

Klik gambar di sebelah kanan untuk menampilkan beberapa foto Hutan Pinus dan Kolam Pemandian Belerang yang lebih besar.


Lokasi:Desa Lahendong (sekitar 7,5 kilometer dari Terminal Tomohon)
Telepon:0813 56958399
Jam operasional:Senin-Minggu, pk. 6:00-19:00
Biaya masuk:Rp. 5.000 per orang
Fasilitas:4 kamar mandi, 2 toilet, kedai kopi, dan tersedia sesi fotografi luar ruangan
Cara menuju ke sana:naik bus dari Manado ke Terminal Tomohon, kemudian naik mikrolet yang menuju “Tomohon-Sonder” (tarif: Rp. 3.000 dengan perjalanan sekitar 10 menit). Anda akan melihat papan nama tepat di depan pintu gerbang, di sebelah kanan jalan.

Pusat Pelatihan Kerajinan Tembikar Pulutan di Desa Pulutan (Desa Remboken)

Desa ini dikenal sebagai pusat kerajinan tembikar. Ada dua cara yang digunakan untuk membuat tembikar. Pertama, dengan cara tradisional yang biasanya masih menggunakan tangan Kosong, diproses secara sederhana, dan menghasilkan produk-produk standar, seperti meja, vas, dan sebagainya. Cara kedua adalah cara modern dengan menggunakan peralatan modern untuk membentuk tanah liatnya.

Klik gambar untuk menampilkan beberapa foto Pusat Pelatihan Kerajinan Tembikar Pulutan yang lebih besar.

Dengan menggunakan peralatan modern, para pengrajin lokal pun dapat memproduksi aksesoris rumah, peralatan makan, dll. Beberapa seni kerajinan tangan unik juga merupakan buatan tangan sekelompok masyarakat lokal yang telah dilatih berdasarkan kualitas produk standar internasional.


Lokasi:Jl. Raya Desa Pulutan di Kecamatan Remboken, Minahasa
Telepon:0812 44584865
Email:julia_1st@yahoo.com
Jam operasional:setiap hari, pk. 8:00-17:00
Fasilitas:toilet
Tempat menarik terdekat:Danau Tondano dan restoran terapungnya
Cara menuju ke sana:dari Terminal Karombasan (Manado), naik bus ke Tondano. Dari terminal Tondano, naik mikrolet yang menuju Desa Remboken (harga: Rp. 5.000 dengan waktu tempuh sekitar 30 menit). Jalurnya akan melewati Danau Tondano dengan banyak restoran lokal di sebelah kiri. Karena tidak ada mikrolet yang pergi ke Desa Pulutan, Anda harus naik ojek (tarif sekitar Rp. 5.000). Info tarif dan waktu perjalanan bus dari Terminal Karombasan Manado ke Tondano
Keterangan:pengunjung diperkenankan melihat proses pembuatan tembikar dan diperbolehkan mengambil foto. Hanya menerima pembayaran dengan uang tunai.


Desa Tinoor

Desa ini terletak antara Manado dan Tomohon, di mana pengunjung akan melihat banyak toko yang menjual keranjang anyaman, topi, dan sebagainya yang terbuat dari bambu, daun palem atau daun pisang.

Toko-toko kecil ini terletak di dekat restoran, seperti Tinoor Jaya, HengMien atau Pemandangan. Lihat Makanan, Minuman dan Hiburan untuk informasi selengkapnya mengenai restoran Minahasa ini.


Pasar Tradisional Tomohon

Pasar ini merupakan salah satu tempat paling menarik untuk dikunjungi di Tomohon. Di sini Anda dapat menemukan produk-produk pertanian, beberapa makanan dan kue lokal, ikan, dll. Beberapa binatang yang tak lazim untuk dikonsumsi juga ditemukan di sini, seperti kelelawar, ular piton, tikus berekor putih, anjing, dan babi.


Klik gambar di atas untuk menampilkan beberapa foto Pasar Tradisional Tomohon yang lebih besar.


Lokasi:Tomohon, area Terminal Tomohon
Jam operasional:setiap hari, pk. 6:00-16:00
Fasilitas:toilet dan area parkir
Tempat menarik terdekat:Bukit Temboan dan Vihara Buddayana
Cara menuju ke sana:dari Terminal Karombasan (Manado), naik bus ke Tomohon. Begitu Anda tiba di terminal, Anda akan melihat pasar ini. Info tarif dan waktu tempuh transportasi dari Manado ke Tomohon
Keterangan:pasar ini ramai pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu. Hanya menerima pembayaran dengan uang tunai.

Desa Uluindano

Tempat ini merupakan tempat di mana Anda dapat membeli alat musik tradisional Minahasa, seperti Kolintang, alat Musik Bambu, Tetengkoren, Tutuwasan, dan sebagainya.


Lokasi:Musica Sacra, Desa Uluindano, Tomohon Selatan.

Desa Woloan

Pengunjung atau pembeli bisa melihat banyak rumah tradisional Minahasa yang dijual. Dari gazebo kecil hingga rumah berukuran 140 meter persegi, dengan harga sekitar Rp. 175 juta.

Mereka menjual dan mengirim rumah tersebut bukan hanya di Indonesia, tapi juga ke luar negeri. Biasanya, proses penyelesaian berdasarkan pesanan dan pengiriman akan memakan waktu selama dua bulan. Semua biaya pengiriman akan dibebankan kepada pembeli.



Kesenian Daerah Sulut :Hlmn sebelum ini | Hlmn berikut: Pusat Perbelanjaan di Manado


Jangan lupa ikutan LIKE US yaaa



Kembali ke atas



Komentar Anda:


Nama:

date

Komentar:

0 komentar

Isi komentar adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Anda sebagai pengirim komentar harus membaca dan sepenuhnya menyetujui Syarat dan Ketentuan Komentar Anda (klik disini), Syarat dan Ketentuan (klik disini) serta Kebijakan Privasi (klik disini) JoTravelGuide.com.



Kembali ke atas

jika menurut anda situs kami membantu memberikan informasi terkait, anda dapat menyumbang untuk membantu kelangsungan tayang situs ini, kami dapat menerima bantuan melalui tombol paypal "Donate" dibawah ini. terima kasih