versi cetak transportasi dalam kota manado  

Dalam Kota Manado
(dan Kota-kota di Sekitarnya)

Transportasi Udara | Transportasi Darat | Transportasi Laut |
Transportasi Dalam Kota Manado | Sekitar Kota Manado



Bagi pejalan kaki, sebagaimana umumnya di kota-kota lain di Indonesia, saat berada di Manado dan juga kota sekitarnya, seperti Bitung, Tomohon, dan Tondano, Anda harus selalu berhati-hati saat misalnya hendak menyeberang jalan karena budaya pengemudi kendaraan memberi jalan pada pejalan kaki masih menjadi pemandangan yang jarang sekali terlihat. Orang juga dapat menyeberang jalan di manapun mereka suka (semoga kedepannya budaya-budaya ini akan berubah :)

Kondisi lalu lintas di Manado sendiri, secara umum, akan menjadi macet pada jam pulang kerja, antara pk. 16:00-19:00 dan umumnya saat turun hujan.

Di sini untungnya kita sebagai pengunjung atau warga dapat berkeliling kota dengan mudah menggunakan dua transportasi umum yang tersedia, yaitu: mikrolet dan/atau ojek.

Catatan tambahan: sehubungan dengan kenaikan harga BBM tahun 2013, ongkos transportasi di Manado juga mengalami kenaikan. Ongkos yang tercantum di sini adalah ongkos sebelum kenaikan BBM tahun 2013.


MIKROLET

Mikrolet di Manado biasanya dicat dengan warna biru muda dan berkapasitas 8-9 penumpang termasuk sopir. Di Manado, setiap penumpang duduk menghadap ke depan, tidak seperti angkot di Bandung atau Jakarta di mana penumpang duduk berhadapan satu sama lain. Jangan terkejut jika Anda melihat banyak angkot di sini suka memutar musik secara hingar bingar. Hal ini dilakukan untuk menarik lebih banyak pelajar dan penumpang muda. Anda akan melihat mikrolet ini hampir di semua jalan besar di Manado hampir setiap menit, jadi mengelilingi kota tidaklah menjadi sebuah masalah. Biayanya juga murah, hanya Rp. 2.000 sekali jalan untuk dalam kota Manado, Rp. 2.500 untuk dalam Bitung, Rp. 3.000 ke air terjun Kali dari Terminal Karombasan di Manado, Rp. 3.600 dari “Paal 2” di Manado ke Airmadidi (sekitar setengah jarak tempuh dari Manado ke Bitung). Mikrolet mulai keluar pagi dini hari dan kembali "pulang kandang" sekitar pukul 22:00.

Ketika naik mikrolet di Manado jika Anda adalah satu-satunya penumpang, maka Anda akan tiba di tempat tujuan Anda dengan cepat. Sebagai contoh, 10 menit perjalanan bisa menjadi 20 menit, atau lebih, jika ada penumpang lain yang meminta bantuan sopir untuk mengantarkan mereka ke tempat tertentu yang mereka inginkan seperti: sekolah, rumah, atau toko. Juga, sebagaimana umumnya, seringkali sopir mikrolet akan menunggu sampai bangku mikroletnya terisi penuh terlebih dahulu baru kemudian jalan.


Penumpang bisa turun dari mikrolet di mana saja. Untuk turun Anda harus mengatakan “stop” atau seperti yang orang lokal katakan “muka om” , yang secara harfiah berarti “berhenti di depan Pak”. Biasanya jurusan mikrolet sudah pasti dari terminal satu ke lainnya dan mereka akan berputar-putar di antara dua terminal ini sepanjang hari, seperti yang terlihat dari papan kecil di jendela depan dan di bagian atas mikrolet (lihat gambar di sebelah kiri). Jika Anda ragu, tanyakan masyarakat setempat di sekitar Anda mengenai arah tujuan dan mereka akan dengan senang hati dan ramah membantu Anda.

Klik foto mikrolet di Manado di atas untuk menampilkan foto yang lebih besar.

OJEK

Pangkalan ojek dapat dikenali melalui papan nama yang tulisan tangan, yang berbunyi “Pangkalan Ojek”. Di jalan, mereka bisa dikenali dengan adanya “helm cadangan” dan mereka sering berjalan pelan ketika mencari penumpang. Ongkos jarak dekat yang dinegosiasikan kira-kira Rp. 5.000. Perjalanan sejauh empat kilometer biayanya sekitar Rp. 10.000. Ongkos dibayarkan sesudah penumpang tiba di tempat tujuan.

BUS UMUM

Bus umum atau minibus biasanya melayani perjalanan antar kota, seperti Manado ke Tomohon, Manado ke Bitung, Tomohon ke Tondano, dan seterusnya. Trayek atau rute minibus ini tidak melampaui selain tiga terminal yang telah ditetapkan di garis perbatasan kota Manado. Jika Anda ingin pergi ke Bitung, Anda harus naik bus dari Terminal Paal Dua atau dari Terminal Karombasan ke Tomohon. Lokasi/daerah tujuan bus dapat dilihat di kaca depannya atau dari kenek bus yang sering meneriakkan tujuan mereka. Biasanya bus berangkat setiap 15-20 menit dan besar tarif tergantung pada tujuan, contohnya: Manado-Bitung Rp. 7.500, Manado-Tomohon Rp. 5.600, Manado-Tondano Rp. 6.800, Manado-Kawangkoan Rp. 9.600, dan Tondano-Tomohon Rp. 4.000. Sekitar setengah jam sebelum tiba di tempat tujuan kondektur bus akan meminta ongkos Anda.

Tidak seperti perjalanan ke Tomohon atau ke Tondano, dua kota yang terletak di kawasan pegunungan, perjalanan ke Bitung kemungkinan akan terasa panas dan pengap/sesak. Oleh karena itu, jika Anda melakukan perjalanan ke Bitung, mungkin Anda harus duduk di dekat pintu atau jendela bus untuk mendapatkan udara segar selama perjalanan.

Manado juga memiliki transportasi bus umum dalam kota, sebagaimana di Jakarta, yang dinamakan
Trans Kawanua (lihat gambar di sebelah kanan ini). Sayangnya, rutenya belum menjangkau seluas rute-rute mikrolet.

TAKSI

Taksi juga tersedia di Manado dan Sulawesi Utara. Trust Taxi, Celebrity Taxi, dan Blue Bird merupakan taksi yang menggunakan argo meter (tarif minimum: Rp. 15.000 dan biaya pembatalan pemesanan: Rp. 5.000). Selain perusahaan-perusahaan taksi ini, ada perusahaan taksi lain yang memiliki armada Panther putih, yang sudah beroperasi sejak lama. Namun, karena pelayanan dan kondisi kendaraannya kurang baik, ditambah lagi biaya yang selalu didasarkan pada harga tetap yang dinegosiasikan, armada ini pun menjadi kurang populer dan semakin jarang. Bagaimanapun, jika Anda melakukan perjalanan dengan 3 orang dan membawa barang–barang besar, perusahaan taksi ini mungkin bisa menjadi pilihan yang baik karena kendaraannya memiliki banyak ruang.


Trust Taxi
Telepon: 0431 824000
Email: trust.taxi@yahoo.com

 

Blue Bird
Telepon: 0431 843160

 

Celebrity Taxi
Telepon: 0431 851010



SEWA MOBIL

Ada juga penyewaan mobil, dengan atau tanpa sopir. Sewa mobil dengan sopir sangat disarankan, kecuali jika Anda sudah paham rute perjalanan dan nyaman dengan kondisi mengemudi di sana. Biaya sewa mobil bervariasi dari sekitar Rp. 300.000 hingga satu juta rupiah lebih. Sewa per hari untuk mobil jenis Daihatsu Xenia kecil 5 kursi atau Toyota Avanza dengan sopir biasanya sekitar Rp. 400.000, belum termasuk solar/bensin dan biaya tambahan lainnya seperti biaya parkir. Beberapa perusahaan mengenakan biaya berdasarkan sewa per jam, dengan tarif sewa minimum empat jam sebesar Rp. 50.000 per jam.

Daihatsu Xenia

 

Toyota Innova

 

Izusu Panther



Setiap perusahaan rental mobil mungkin memiliki pengertian yang berbeda tentang “sewa satu hari”, di mana di satu perusahaan berarti 24 jam, dan di perusahaan lain bisa berarti hanya 12 jam. Disarankan untuk melakukan pemesanan terlebih dahulu. Di bawah ini merupakan daftar dari perusahaan rental mobil di Manado:

CV Central


Lokasi:Jl. Sungai Musi, Singkil
Telepon:0431 3335011

CV Kenalan


Lokasi:Jl. 21 Mei, Teling
Telepon:0431 3323293, 0811 437793 (pemesanan dilakukan setidaknya satu hari sebelumnya)

Garuda Permai


Lokasi:Jl. RA Kartini Lingk V - 39
Telepon:0431 846423

Mawar Sharon


Lokasi:Jl. Sugiono No. 5 (sebelah Hotel Rex)
Telepon:0431 855193

Mobil Rental Mitra


Lokasi:Jl. Jambore, Winangun
Telepon:0431 3366442

Oto Multiartha


Lokasi:Jl. Yos Sudarso, Kompleks Ruko
Telepon:0431 866488 (tekan "0" setelah terdengar suara mesin penjawab)
Website:www.oto.co.id

Serasi Autoray (hanya melayani sewa bulanan)


Lokasi:Jl. AA Maramis Paniki
Telepon:0431 818000
Website:www.trac.astra.co.id

Smart Rent A Car


Lokasi:Kompleks Angkasa Pura 22
Telepon:0431 3325526

Sonny Tinangon


Telepon:0815 2320608, 0431 816035

Paris Taxi Service 88


Lokasi:Jl. Pierre Tendean No. 105
Telepon:0431 868250, 870247

Pass Rental


Lokasi:Jl. Yos Sudarso 140
Telepon:0431 3327237

Rental Leo Langitan


Lokasi:Desa Paslaten, Lingkungan 6, No. 71, Tomohon
Telepon:0431 4405637




Halaman sebelum ini: Transportasi laut ke/dari Manado
Halaman selanjutnya: Transportasi sekitar Manado


Kembali ke atas






Komentar Anda:


Nama:

date

Komentar:

0 komentar

Isi komentar adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Anda sebagai pengirim komentar harus membaca dan sepenuhnya menyetujui Syarat dan Ketentuan Komentar Anda (klik disini), Syarat dan Ketentuan (klik disini) serta Kebijakan Privasi (klik disini) JoTravelGuide.com.



Kembali ke atas

jika menurut anda situs kami membantu memberikan informasi terkait, anda dapat menyumbang untuk membantu kelangsungan tayang situs ini, kami dapat menerima bantuan melalui tombol paypal "Donate" dibawah ini. terima kasih