versi cetak transportasi laut kapal ke bunaken lembeh manado sulawesi utara  

Transportasi Laut ke Manado

Transportasi Udara | Transportasi Darat | Transportasi Laut |
Dalam Kota Manado | Pinggir Kota Manado



Saat ini ada dua pelabuhan utama di Sulawesi Utara: Pelabuhan Manado dan Pelabuhan Bitung.

Pelabuhan Manado terutama untuk melayani kapal atau perahu yang pergi ke pulau yang lebih kecil di dalam Provinsi Sulawesi Utara dan Pulau Bunaken. Pelabuhan ini terletak di sekitar pasar tradisional Calaca/Pasar 45. Jika Anda ingin pergi
ke Bunaken dengan kapal motor umum, tarif satu kali jalan sebesar Rp. 12.000* per orang dan ada biaya tambahan kecil sebesar Rp. 1.000 per orang saat memasuki pelabuhan. Jadwal keberangkatan kapal ini adalah pukul 14:00 dari hari Senin sampai Sabtu, walaupun mungkin mengalami penundaan hingga kira-kira satu jam karena air pasang atau alasan lain. Karena ini adalah kapal reguler antara Manado dan Bunaken, Anda juga akan menemukan banyak jenis kargo, seperti bensin, minyak goreng, bahan bangunan, beras dan tepung, bahan makanan, dll. Klik foto di atas untuk melihat foto-foto transportasi umum perahu motor dari pelabuhan Manado ke Pulau Bunaken, Sulawesi Utara.

Kapal tersebut akan menurunkan Anda dan penumpang lainnya di Pantai Pangalisang, yang berjarak sekitar 5 sampai 7 kilometer dari pantai wisata, Pantai Liang.

Jika Anda tidak ingin menunggu dan juga tidak keberatan menghabiskan uang ekstra, maka Anda bisa pergi ke Pasar Bersehati/Calaca, di sebelah Pelabuhan Manado untuk menyewa perahu pribadi. Biaya sebuah perahu motor ke Bunaken kira-kira Rp. 400.000* dan Anda bisa mencapai pulau dalam waktu 30 menit. Ada juga perahu motor yang lebih besar untuk disewakan dengan harga sekitar Rp. 600.000* sampai Rp. 700.000*, yang bisa mengakomodasi lebih dari 15 orang.


*Sehubungan dengan kenaikan harga BBM belum lama ini, akan ada penyesuaian harga/tarif transportasi, terutama untuk harga/tarif yang tercantum pada halaman ini..

Di bawah ini adalah beberapa perusahaan yang menyewakan perahu pribadi:


Mutiara


Lokasi:area parkir perahu di belakang Hotel Celebes
Telepon:0813 40033681
Keterangan: memiliki speed boat yang bisa mengakomodasi 7 penumpang dan perahu dengan kapasitas 15 penumpang.

Camelia


Lokasi:area parkir perahu di belakang Hotel Celebes
Telepon:0813 40025343, 0852 4088423
Keterangan: memiliki speed boat yang dapat mengakomodasi 7 penumpang dan perahu dengan kapasitas 15 penumpang.

Oikano Ocean Sport


Telepon:0813 89990270
Keterangan: memiliki speed boat yang dapat mengakomodasi 4 penumpang dan perahu untuk kapasitas lebih dari 75 penumpang

Pelabuhan Manado dan Pasar Bersehati/Calaca mudah dicapai dengan berjalan kaki dari terminal mikrolet Pasar 45 dan taksi juga mudah didapat di sana.

Kapal internasional dan antar provinsi akan berlabuh di Pelabuhan Bitung (sekitar satu jam berkendara dari pusat kota Manado). Jika Anda tiba dengan kapal pesiar menuju Bitung, mereka memiliki fasilitas visa kedatangan. Ada beberapa pilihan untuk mencapai Bitung atau Manado dari pelabuhan ini. Jika Anda ikut dalam paket tur atau pelayaran, Anda harus mengikuti semua fasilitas atau peraturan agen perjalanan Anda, sementara untuk penumpang lain, mereka bisa naik taksi atau mikrolet yang berjajar di depan pelabuhan. Perjalanan dengan taksi ke Manado biayanya sekitar Rp. 200.000*. Jika Anda membawa banyak bagasi, tidak ada pilihan lain, Anda harus menegosiasikan tarif taksi Anda dengan sopir. Mikrolet biasanya juga berjajar di luar pelabuhan setiap ada kapal berlabuh. Satu kali perjalanan menuju terminal Girian biayanya Rp. 2.500*. Dari sana, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Manado.

Untuk jadwal kapal antar provinsi silakan kunjungi website PELNI, perusahaan pelayaran nasional: www.pelni.co.id.


...Transportasi Darat :Hlmn sebelumnya | Hlmn berikut: Dalam Kota Manado...








Komentar Anda:


Isi komentar adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Anda sebagai pengirim komentar harus membaca dan sepenuhnya menyetujui Syarat dan Ketentuan Komentar Anda (klik disini), Syarat dan Ketentuan (klik disini) serta Kebijakan Privasi (klik disini) JoTravelGuide.com.


Nama:

ulis 28 Nov 2014

Komentar:

mau tanya manado - namleya jarak millnya brpa ya ?
soalx ada tugas dari dosen , pliezz bantu yaaa gan

Nama:

Amin 21 Okt 2013

Komentar:

Kenapa tidak dimuat jadwal pelayaran kapal dari manad keTernate,taruna,siau.talaud dll ?supya lebih lengkap apabila user memerlukan.

Nama:

JoTravelGuide 18 Mar 2013

Komentar:

Hai Lia, terima kasih untuk kunjungannya ke JoTravelGuide.com. Memang sih lebih dekat, tapi seperti "demand" rute Manado-Davao dan sebaliknya ternyata belum "menguntungkan" airlines (atau pelayaran) sehingga masih tetap bersifat "on-off on-off". Terakhir yang tercatat menjalani rute ini adalah Wing Air. Untuk lebih pastinya, dapat menghubungi kantor Lion Air di Manado. Untuk sarana laut, kami belum pernah dengar ada yang melayani rute ini secara langsung (non-stop).

Nama:

lia 17 Mar 2013

Komentar:

saya mau tanya kalo sekarang ada gak perjalanan dari menado ke davao entah lewat udara atau laut?krn kan lebih dekat,trimaksh

Nama:

JoTravelGuide 12 Okt 2012

Komentar:

Hello Juliana, thank you for your visit. Unfortunately, as of today, the cheapest way, may be, via Bali or Jakarta. Cebu Pacific (low cost carrier) flies to Bali and Jakarta to the Phillipines and Lion Air (another LCC) also flies between Manado and these two cities.

Nama:

juliana 10 Okt 2012

Komentar:

hello, i want to go from manado to phillipines, what is the best and chepest way to cross?? thank you

Nama:

deisy 21 Mar 2012

Komentar:

Kl ke siladen sewa boatnya berapa?

Kembali ke atas


jika menurut anda situs kami membantu memberikan informasi terkait, anda dapat menyumbang untuk membantu kelangsungan tayang situs ini, kami dapat menerima bantuan melalui tombol paypal "Donate" dibawah ini. terima kasih