versi cetak bukit tinggi sumatera barat  

Taman Panorama Ngarai Sianok & Lobang (Gua) Jepang |
Taman Margasatwa Budaya Kinantan, Museum Kinantan, dan Benteng Fort de Kock |
Jam Gadang dan Sekitarnya | Rumah Kelahiran Bung Hatta




Bukittinggi adalah daerah pegunungan yang berada sekitar 100 km dari Padang atau dapat ditempuh selama 2 jam perjalanan ke arah timur laut dari kota Padang. Dahulu kala luas wilayah Bukittinggi hanya mencapai 25 km². Kota ini digunakan orang-orang Belanda sebagai tempat untuk berlibur karena suhu udara dinginnya menyerupai suhu di Eropa, yaitu sekitar 18°C hingga 22°C. Di sekitar Bukittinggi, Anda dapat melihat perkebunan teh dan juga pohon pinus di sepanjang sisi jalan. Banyak tempat menarik yang layak untuk dikunjungi di Bukittinggi, karena inilah kota ini menjadi tempat liburan favorit di Sumatera Barat.

Cara menuju ke sana:naik bus kecil dari Padang menuju Bukittinggi. Bertanyalah kepada warga sekitar mengenai tempat untuk mendapatkan bus ke Bukittinggi (karena tidak ada terminal bus yang tetap di Padang). Waktu tempuh ke Bukittinggi adalah 2 jam perjalanan. Ongkos naik bus kecil Rp. 20.000. Alternatif lain: gunakan mobil antar-jemput Tranex Mandiri yang biasanya melewati jalan utama kota Padang-Bukittinggi (tarif: Rp. 30.000).




Taman Panorama Ngarai Sianok dan Lobang (Gua) Jepang

Ini adalah salah satu tempat wisata yang harus Anda kunjungi di Sumatera Barat. Kebanyakan orang mengunjungi tempat ini di saat akhir pekan atau liburan. Pintu masuk Lobang Jepang berada di satu komplek yang sama dengan Taman Panorama Ngarai Sianok. Gua ini memiliki 21 ruang dan diperkirakan sebagai gua terbesar dan terpanjang yang pernah dibuat Jepang di Indonesia selama masa penjajahan. Untuk membuat gua ini, Jepang membawa ribuan pekerja dari Jawa dan Sulawesi. Jepang membawa pekerja dari luar Sumatera karena mereka tidak begitu kenal dengan daerah ini dan kemungkinan bagi para pekerja untuk melarikan diri juga lebih kecil. Kalaupun para pekerja tersebut melarikan diri, mereka biasanya jatuh ke Ngarai Sianok –karena banyak pintu keluar di gua ini berujung di Ngarai Sianok— yang memiliki kedalaman 53 meter. Para pekerja tersebut bekerja tanpa diberi makan oleh Jepang sehingga ribuan pekerja ditemukan meninggal karena kelaparan.

Klik gambar di atas untuk menampilkan beberapa foto yang lebih besar dari Gua Jepang dan Taman Panorama Ngarai Sianok.

Di atas Lobang Jepang terdapat Taman Panorama. Tempat ini menawarkan sebuah pemandangan menakjubkan dari Ngarai Sianok (yang memiliki kedalaman 100-150 meter) dengan dua buah gunung sebagai latar belakangnya: Gunung Singgalang dan Gunung Merapi. Menara yang terdapat di taman ini bisa Anda gunakan untuk menikmati pemandangan ngarai dengan sudut pandang yang lebih baik. Banyak terdapat monyet di sekitar taman, tetapi jangan takut karena mereka tidak menggigit. Dalam perjalanan menuju taman, Anda akan melihat para pelukis lokal dan toko-toko cinderamata. Harga lukisan berbeda berdasarkan ukuran, sekitar Rp. 75.000 untuk ukuran kecil, Rp. 100.000 untuk ukuran sedang sedang, dan Rp. 600.000 untuk ukuran besar.


Lokasi:Jl. Panorama, Ngarai Sianok, Bukittinggi, atau sekitar 2 km dari Jam Gadang Bukittinggi
Biaya masuk:Rp. 3.000/orang. Biaya masuk ke Lobang Jepang: Rp. 5.000/orang (Senin-Sabtu), Rp. 6.000/orang (Minggu dan hari libur). Biaya masuk ke Taman Panorama Ngarai Sianok: Rp. 3.000/orang
Jam operasional:setiap hari, pk. 7:30–18:30
Fasilitas:toko merchandise, toko makanan, pemandu berbahasa Indonesia, toilet (Rp. 1.000/orang), mushola, kantin, menara untuk memotret Ngarai Sianok
Keterangan:kondisi tempatnya cukup terawat tetapi terkadang hanya satu toilet saja yang buka.

...Tabek Patah :Halaman sebelumnya | Halaman berikut: Benteng Fort de Kock...


Kembali ke atas






Komentar Anda:


Isi komentar adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Anda sebagai pengirim komentar harus membaca dan sepenuhnya menyetujui Syarat dan Ketentuan Komentar Anda (klik disini), Syarat dan Ketentuan (klik disini) serta Kebijakan Privasi (klik disini) JoTravelGuide.com.




Kembali ke atas


jika anda merasa halaman ini bermanfaat dan tertarik menyumbang untuk membantu kelangsungan tayang situs ini, kami dapat menerima bantuan melalui tombol "Donate" dibawah ini. terima kasih