versi cetak transportasi dalam kota padang  

Transportasi Dalam Kota Padang

Transportasi Udara | Transportasi Darat | Transportasi Laut | Dalam Kota Padang



Ojek | Bus Umum | Taksi | Sewa Mobil


Dalam Kota Padang

Ada beberapa pilihan untuk berkeliling kota Padang, tergantung dari dana dan tingkat kenyamanan yang Anda butuhkan. Dari yang paling murah seperti angkot hingga sarana transportasi yang paling nyaman, sewa mobil. Seperti di beberapa kota lainnya di Indonesia, di kota Padang Anda juga akan menemukan ojek, taksi, dan bus.

Tidak seperti di Jakarta, kemacetan lalu lintas yang terjadi di kota Padang masih "bisa ditoleransi". Kemacetan tersebut banyak terjadi di depan Plaza Andalas dan Basko Grand Mall pada pagi dan sore hari, ketika masyarakat setempat berangkat maupun pulang kerja.

Menjelajahi kota Padang dengan berjalan kaki mungkin bukanlah satu pilihan yang cocok karena kondisi cuaca cukup panas. Namun jika Anda memutuskan untuk melakukannya, Anda harus berhati-hati akan kondisi lalu lintas jalan raya kota Padang, seperti umumnya di kota-kota lain di Indonesia.

Cara yang paling umum digunakan masyarakat Padang saat berpergian adalah dengan mengunakan angkutan kota (angkot). Di Padang, Anda akan melihat angkot dengan berbagai warna: putih, oranye, biru muda, biru tua, kuning, ungu, dan lainnya. Sebagian besar angkot tersebut dicat berwarna-warni dengan beragam motif serta diiringi musik agar lebih menarik. Tarif yang dikenakan juga beragam, tergantung dari jarak yang ditempuh. Sebaiknya bertanyalah kepada penumpang lain (atau kepada sopir) mengenai ongkos tepatnya. Untuk gambaran Anda, perjalanan jarak dekat (sekitar 1-3 kilometer) seperti dari
terminal Pasar Raya ke Plaza Andalas dikenakan tarif Rp. 2.000, sementara perjalanan yang lebih jauh dikenakan biaya Rp. 5.000.

Anda dapat memberikan uangnya kepada sopir saat turun. Satu angkot dapat menampung sepuluh penumpang. Mereka duduk dengan saling berhadapan, dengan posisi empat orang di sisi kiri dan enam orang di sisi kanan. Terlepas dari hal itu, saat kondisi jalanan tidak macet, berjalan-jalan dengan menggunakan angkot dapat menghemat waktu Anda.



Angkot di Padang


Untuk mendapatkan penumpang, biasanya sopir angkot mengklakson orang-orang yang berdiri di pinggir jalan atau trotoar. Saat akan naik angkot, katakan terlebih dahulu tempat tujuan Anda kepada sopir angkot. Jika ternyata angkot tersebut tidak melewati tempat tujuan yang Anda maksud, Anda tetap dapat meminta sopir tersebut untuk menurunkan Anda di tempat tujuan Anda, meskipun dengan biaya tambahan. Lakukan tawar menawar ongkos dan kesepakatan dengan sopir angkot sebelum Anda masuk ke dalam angkot. Jika ragu, bertanyalah kepada penduduk setempat mengenai arah yang benar dari tempat tujuan Anda.

Jurusan angkot dapat diketahui dari tulisan di
bagian atas kaca depan dan kaca belakang mobil. Sebagai contoh, “Pasar Raya–Lubuk Buaya” berarti: angkot berangkat dari terminal Pasar Raya ke Lubuk Buaya, dan sebaliknya. Sebagian besar angkot berangkat dari pusat kota atau terminal Pasar Raya dan beroperasi setiap hari pada pk. 5:00-22:00. Rute-rute angkot di Padang bisa ditandai dari warna-warnanya, seperti yang tertera di bawah ini:


Nomor MikroletWarnaRute (Ke/Dari)
1OranyePasar Raya – Jl. Bd. Kanduang – Samudera – Veteran – Hamka – Adinegoro – Lubuk Buaya
2PutihPasar Raya – Terminal Tabing
3KuningBasko – Belimbing
4HijauPasar Raya – Jl. Bd. Kanduang – Samudera – Veteran – Hamka – Labor Cenderawasih
5UnguTerminal Air Pecah ke Pasar Raya (pusat kota – Thamrin - Sp. Haru - Lubeg - Bypass - TRB)
6Biru MudaPasar Raya - Pangambian
7Biru TuaPasar Raya – Teluk Bayur
8MerahIndarong – Pasar Raya




Ojek

Ojek sering digunakan karena bisa mengantarkan penumpang lebih cepat ke tempat tujuan yang diinginkan dengan serta mampu menjangkau daerah yang tidak dapat dicapai oleh angkot. Biasanya Oojek dengan mudah ditemukan di tempat yang bertanda “Pangkalan Ojek” dan di beberapa jalan seperti di sebelah Hotel Ion.

Pengemudi ojek biasanya memberi kode kepada siapapun yang berdiri di trotoar atau pinggir jalan dengan mengklakson atau bertanya: "Ojek?".

Tarif ojek bisa ditawar. Cukup katakan tempat tujuan Anda dan lakukan kesepakatan ongkos terlebih dahulu agar ia mau mengantarkan Anda ke tempat tujuan. Sebagai referensi, jarak dua kilometer dikenakan biaya Rp. 5.000. Ongkos biasanya dibayarkan saat sudah mencapai tujuan.


Bus Umum

Bus Umum Transportasi ke Bukittinggi maupun tempat lainnya di luar Padang dapat dilakukan dengan menggunakan bus umum dari area Basko Hotel atau Anda dapat bertanya ke penduduk sekitar mengenai tempat untuk mendapatkan bus yang menuju Bukittinggi karena tidak ada terminal bus tetap di Padang. Dibutuhkan waktu selama dua jam untuk mencapai Bukittinggi dengan tarif Rp. 20.000 (bus kecil). Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan minivan Tranex Mandiri (lihat gambar di sebelah kanan) yang biasanya melewati jalan utama di Padang yang mengarah ke Bukittinggi (tarif: Rp. 30.000).

Halaman sebelumnya: Transportasi laut dari/ke Padang
Halaman selanjutnya: Taksi & sewa mobil di Padang


Kembali ke atas







Komentar Anda:


Isi komentar adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Anda sebagai pengirim komentar harus membaca dan sepenuhnya menyetujui Syarat dan Ketentuan Komentar Anda (klik disini), Syarat dan Ketentuan (klik disini) serta Kebijakan Privasi (klik disini) JoTravelGuide.com.




Kembali ke atas


jika anda merasa halaman ini bermanfaat dan tertarik menyumbang untuk membantu kelangsungan tayang situs ini, kami dapat menerima bantuan melalui tombol "Donate" dibawah ini. terima kasih