Pantai di Pulau Bangka : Tanjung Kalian

Pantai Tanjung Kalian

Pantai Tanjung Kalian adalah sebuah pantai berpasir putih yang menyimpan banyak sejarah selama pendudukan Belanda dan Perang Dunia II. Salah satunya yaitu sebuah menara peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1826 dan memiliki 199 anak tangga untuk mencapai puncaknya. Masuk dan susuri tangga hingga ke puncak menara untuk mendapatkan sudut pandang yang lebih luas dari panorama pantai yang indah dan area di sekitarnya, seperti aktivitas di Pelabuhan Muntok, yang juga berada di pantai ini. Biaya masuk ke dalam menara sebesar Rp. 2.500/orang. Anda akan dengan mudah menemukan menara ini saat memasuki area pantai.

Tidak jauh dari menara, terdapat sebuah monumen untuk mengenang jasa para perawat Australia selama Perang Dunia II berlangsung. Tiga buah bangkai kapal Belanda dan Inggris, yang hancur akibat bom tentara Jepang saat Perang Dunia II (16 Februari 1942) di salah satu tepi pantai juga menjadi salah satu daya tarik utama Pantai Tanjung Kalian.

Di sini, Anda akan menemukan penduduk setempat yang menjual air kemasan botol dan berbagai makanan khas, seperti jagung, otak-otak (terbuat dari daging ikan dan dibungkus dengan daun pisang lalu dibakar), dan beberapa makanan khas Bangka lainnya.

Lokasi:sebelah Pelabuhan Muntok, Muntok, Bangka Barat
Jam operasional:setiap hari, dari pagi hingga sore (matahari terbenam)
Fasilitas:toilet
Biaya masuk:gratis
Tempat menarik terdekat:Wisma Menumbing
Cara menuju ke sana:dengan menggunakan mobil pribadi atau mobil rental
Keterangan:pengunjung diperbolehkan untuk berenang dan berkemah, meskipun hal ini sangat jarang terlihat.

...Pantai Tanjung Pesona :Halaman sebelumnya | Halaman berikut: Pantai Romodong...