versi cetak danau tonle sap desa terapung di siem reap  

Danau Tonle Sap
& Desa Terapung of Chong Kneas


Salah satu tempat wisata andalan Siem Reao ini dapat dijangkau dengan berkendara selama kurang lebih 25 menit dari kota Siem Reap, dengan menggunakan Remork (Tuk-tuk), Danau Tonle Sap adalah salah satu objek wisata menarik selain candi-candi di kota Siem Reap (sekitar 15 kilometer/10 mil sebelah selatan pusat kota). Wisatawan asing biasanya terlihat di sekitar danau ini untuk mengunjungi kampung desa terapung atau setelah sampai dari Phnom Penh dengan perahu.

Berdasarkan ukurannya, danau ini merupakan danau air tawar terbesar di Asia Tenggara. Bagaimana pun juga ukuran bisa saja berubah secara signifikan dari tahun ke tahun. Selama musim hujan, ukurannya bisa lebih dari 10.000 km2, sementara selama musim kemarau ukurannya menyusut sampai sekitar 3.000 km2. Info lebih lanjut tentang musim di Kamboja.

Ada rumah-rumah terapung, restoran (makanan Khmer dan Korea), gereja, pasar, rumah billiard, sekolah, toko cinderamata, kantor polisi terapung, penangkaran buaya terapung, atau bahkan anjing dan babi "terapung"!

Setiap rumah kapal terapung, dapat menjadi obyek wisata menarik untuk dilihat selama berwisata sekeliling danau. Rumah-rumah ini dapat mengakomodasi lebih dari 12 orang (satu keluarga), dan lebih dari 10.000 orang Kamboja tinggal di danau ini serta hidup berdampingan dengan lebih dari 100.000 orang Vietnam.

Saat terbaik mengunjungi danau biasanya sekitar bulan Maret–April. Satu alasan untuk itu adalah karena pada saat musim kemarau, danau ini akan menyusut, dan masyarakat yang tinggal di danau akan melakukan aktivitas lebih jauh ke tengah danau. Saat ini terjadi, mereka akan menjadi lebih dekat satu sama lain, dan wisatawan pun dapat melihat kehidupan mereka lebih dekat di kampung terapung. Sedangkan saat musim hujan, orang-orang lebih memilih untuk tinggal dekat dengan daratan untuk menghindari gelombang tinggi.




Alasan lainnya adalah karena Sungai Siem Reap, salah satu sungai yang mengalir ke danau, akan menjadi semakin kering, sehingga tanaman padi masyarakat di sepanjang tepi sungai dan jalan (panjangnya sekitar 3,5 kilometer), yang biasanya tidak terlihat pada saat musim hujan, akan terlihat dari daratan ke pagoda terdekat.

Selama musim hujan segala sesuatunya bisa berubah drastis. Permukaan air meningkat menjadi sekitar 3 meter. Pohon-pohon yang terlihat selama musim kemarau menghilang ditelan air. Gelombang tinggi dapat diprediksi sebelumnya, membuat penduduk pindah dari rumah-rumah terapung mereka ke daratan, sehingga pengunjung hanya dapat melihat sedikit kehidupan “desa terapung” selama musim ini (sekitar Mei hingga Oktober).

Wisatawan asing harus membeli tiket terlebih dahulu jika mereka ingin melakukan tur keliling Danau Tonle Sap seharga US$ 25 per orang. Tiket tersebut tersedia di sekitar pelabuhan (pengemudi Tuk-tuk Anda akan membawa Anda ke tempat pembelian tiket).

Setelah membeli tiket, wisatawan akan langsung menuju ke perahu. Perahu-perahu tersebut biasanya disewa dari suatu perkumpulan dan dikemudikan oleh penduduk lokal. Anda juga akan ditemani seorang pemandu wisata yang mengharapkan tips dari Anda setelah perjalanan tur Anda selesai

Perjalanan tur ini akan memakan waktu sekitar 1,5 jam, yang biasanya terdiri dari mengunjungi danau, "berlayar" di sepanjang rumah-rumah terapung, berhenti di rumah makan atau toko cinderamata terapung dan mungkin termasuk kunjungan singkat di sebuah sekolah terapung, di mana pengunjung mungkin disarankan untuk menyumbangkan buku atau pensil kepada murid-murid setempat –buku dan pensil tersebut bisa dibeli di sebuah toko terapung lokal di dekatnya.

Satu hal yang harus diingat di sini, jika Anda ingin pergi ke toilet, jangan terkejut jika Anda melihat air tepat di bawah Anda.


Klik setiap foto di atas untuk menampilkan beberapa foto desa terapung di Siem Reap yang lebih besar.




...Kuil :Hlmn sebelumnya | Hlmn berikut: Pameran Danau Tonle Sap...


Jangan lupa ikutan LIKE US juga yaaa



Komentar Anda:


Nama:

date

Komentar:

0 komentar

Isi komentar adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Anda sebagai pengirim komentar harus membaca dan sepenuhnya menyetujui Syarat dan Ketentuan Komentar Anda (klik disini), Syarat dan Ketentuan (klik disini) serta Kebijakan Privasi (klik disini) JoTravelGuide.com.




Kembali ke atas


jika menurut anda situs kami membantu memberikan informasi terkait, anda dapat menyumbang untuk membantu kelangsungan tayang situs ini, kami dapat menerima bantuan melalui tombol paypal "Donate" dibawah ini. terima kasih