Saat ini ada dua pelabuhan utama di Sulawesi Utara: Pelabuhan Manado dan Pelabuhan Bitung. Pelabuhan Manado terutama untuk melayani kapal atau perahu yang pergi ke pulau yang lebih kecil di dalam Provinsi Sulawesi Utara dan Pulau Bunaken. Pelabuhan ini terletak di sekitar pasar tradisional Calaca/Pasar 45. Jika Anda ingin pergi ke Bunaken dengan kapal motor umum, tarif satu kali jalan sebesar Rp. 12.000* per orang dan ada biaya tambahan kecil sebesar Rp. 1.000 per orang saat memasuki pelabuhan. Jadwal keberangkatan kapal ini adalah pukul 14:00 dari hari Senin sampai Sabtu, walaupun mungkin mengalami penundaan hingga kira-kira satu jam karena air pasang atau alasan lain. Karena ini adalah kapal reguler antara Manado dan Bunaken, Anda juga akan menemukan banyak jenis kargo, seperti bensin, minyak goreng, bahan bangunan, beras dan tepung, bahan makanan, dll.

Kapal tersebut akan menurunkan Anda dan penumpang lainnya di Pantai Pangalisang, yang berjarak sekitar 5 sampai 7 kilometer dari pantai wisata, Pantai Liang.

Jika Anda tidak ingin menunggu dan juga tidak keberatan menghabiskan uang ekstra, maka Anda bisa pergi ke Pasar Bersehati/Calaca, di sebelah Pelabuhan Manado untuk menyewa perahu pribadi. Biaya sebuah perahu motor ke Bunaken kira-kira Rp. 400.000* dan Anda bisa mencapai pulau dalam waktu 30 menit. Ada juga perahu motor yang lebih besar untuk disewakan dengan harga sekitar Rp. 600.000* sampai Rp. 700.000>*, yang bisa mengakomodasi lebih dari 15 orang.

*Sehubungan dengan kenaikan harga BBM belum lama ini, akan ada penyesuaian harga/tarif transportasi, terutama untuk harga/tarif yang tercantum pada halaman ini.



Di bawah ini adalah beberapa perusahaan yang menyewakan perahu untuk publik:

MUTIARA

Lokasi: area parkir perahu di belakang Hotel Celebes
Telepon: 0813 40033681
Keterangan: memiliki speed boat yang bisa mengakomodasi 7 penumpang dan perahu dengan kapasitas 15 penumpang.

CAMELIA

Lokasi: area parkir perahu di belakang Hotel Celebes
Telepon: 0813 40025343, 0852 4088423
Keterangan: memiliki speed boat yang dapat mengakomodasi 7 penumpang dan perahu dengan kapasitas 15 penumpang.

OIKANO OCEAN SPORT

Telepon: 0813 89990270
Keterangan: memiliki speed boat yang dapat mengakomodasi 4 penumpang dan perahu untuk kapasitas lebih dari 75 penumpang





Pelabuhan Manado dan Pasar Bersehati/Calaca mudah dicapai dengan berjalan kaki dari terminal mikrolet Pasar 45 dan taksi juga mudah didapat di sana.

Kapal internasional dan antar provinsi akan berlabuh di Pelabuhan Bitung (sekitar satu jam berkendara dari pusat kota Manado). Jika Anda tiba dengan kapal pesiar menuju Bitung, mereka memiliki fasilitas visa kedatangan. Ada beberapa pilihan untuk mencapai Bitung atau Manado dari pelabuhan ini. Jika Anda ikut dalam paket tur atau pelayaran, Anda harus mengikuti semua fasilitas atau peraturan agen perjalanan Anda, sementara untuk penumpang lain, mereka bisa naik taksi atau mikrolet yang berjajar di depan pelabuhan. Perjalanan dengan taksi ke Manado biayanya sekitar Rp. 200.000*. Jika Anda membawa banyak bagasi, tidak ada pilihan lain, Anda harus menegosiasikan tarif taksi Anda dengan sopir. Mikrolet biasanya juga berjajar di luar pelabuhan setiap ada kapal berlabuh. Satu kali perjalanan menuju terminal Girian biayanya Rp. 2.500*. Dari sana, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Manado.

Untuk jadwal kapal antar provinsi silakan kunjungi website PELNI, perusahaan pelayaran nasional: www.pelni.co.id.

Kembali ke atas





Jelajahi Manado

Semoga informasi awal kami ini dapat membantu Anda menentukan tujuan liburan Anda selanjutnya.

bunaken

Tentang Bunaken disini

air terjun kali

Tiga Air Terjun Kali

waruga

Peradaban kuno Waruga

danau linau

Danau Linow