Mesjid Raya di Kota Bandung

Bangunan yang selesai direnovasi pada tahun 2004 ini adalah mesjid utama di kota Bandung. Mesjid Raya Bandung memiliki dua menara setinggi 81 meter. Pada awalnya perancang mesjid ini hendak membangun dua menara setinggi 99 meter (dengan alasan angka yang agamis), tetapi karena Bandar Udara Hussein Sastranegara berada dekat lokasi Mesjid Raya, rencana pembangunan menara setinggi itu tidak mendapat ijin dari pemerintah setempat (karena alasan keselamatan penerbangan).

Saat pertama kali dibangun pada tahun 1811, Mesjid Raya Bandung hanya menggunakan dinding dari kayu dan bambu. Pada tahun 1930, mesjid ini direnovasi sekaligus dirancang ulang oleh arsitek Belanda, Henri Maclaine-Port dan dibangun seperti sebagaimana bangunan ini terlihat sekarang. Mesjid besar ini dapat menampung sekitar 14.000 umat. Setelah renovasi tahun 2004, pemerintah daerah menanam beberapa pohon kurma di area sekeliling mesjid serta membangun sebuah air mancur ala Turki-Mediterania di area taman mesjid.


Lokasi:Jl. Asia Afrika (di lokasi yang sama dengan Alun-alun)
Tempat menarik terdekat:Museum Asia Afrika, Hotel Savoy Homann, Jl. Braga, bangunan bersejarah milik Harian Pikiran Rakyat (gedung art-deco)
Cara menuju ke sana:dengan berjalan kaki dari Jalan Asia Afrika dan Jalan Braga; Dari Jalan Merdeka (Bandung Indah Plaza, Hotel Hyatt, Hotel Santika) kira- kira 1,2 kilometer. Dengan angkot: naik yang menuju Kalapa dari arah Dago (ongkos: Rp. 2.500)
Keterangan:berhati-hati dengan copet di sekitar Alun-alun.

...Makam Pandu :Hlmn sebelum ini | Hlmn berikut: New Majestic...