Tempat Religius : Vihara Budha Maha Vihara Duta Maitreya

Vihara Budha Maha Vihara Duta Maitreya

Dengan menempati lahan seluas kurang lebih 4,5 hektar, Vihara Budha Maha Vihara Duta Maitreya merupakan vihara terbesar se-Indonesia, dan bahkan se-Asia Tenggara. Vihara ini berdiri megah di Bukit Beruntung, Batam Center yang sangat mencolok dengan sebuah patung Budha Maitreya berlapis emas setinggi 5 meter yang berada di bagian depan lantai 2 vihara. Satu buah patung Budha Maitreya dengan tinggi serupa juga ditempatkan di Graha Maitreya, yang berada di lantai tiga vihara. Patung Budha Maitreya tersebut didatangkan langsung dari China.

Vihara Budha Maha Vihara Duta Maitreya ini mulai dibangun pada 2 November 1991 dan diresmikan pada 23 Januari 1999. Bermula dari inisiatif Pimpinan Maha Tao Maitreya sedunia, YA. MS. Gao Shan Yu Ren yang memberikan pesan kepada Pandita Muda Harun, seorang pengusaha sekaligus umat Maitreya yang taat dari Batam untuk mencarikan sebuah lahan yang tepat untuk membangun sebuah maha vihara di Batam.


Bangunan Vihara Budha Maha Vihara Duta Maitreya ini terdiri dari tiga lantai dengan 5 graha yang terdiri dari:

1. Graha Maitreya: graha yang berfungsi sebagai tempat kebaktian umat Budha Maitreya kepada Tuhan Yang Maha Esa, Budha Maitreya, dan para Budha, yang bisa menampung hingga 2.000 orang. Di tempat inilah para umat Budha Maitreya biasa melakukan kebaktian tiga kali sehari.

2. Graha Patriat: graha kebaktian kepada para Budha serta merupakan aula pendidikan dan pelatihan serta Dharmasala.

3. Graha Sakyamuni (Sidharta Gautama): graha bakti puja kepada Hyang Budha Gautama, Budha Amitabha, Budha Baisajyaguru, Bodhisatva Manjusri, dan Bodhisatva Samantabhadra.

4. Graha Bodhisatva Avalokitesvara: graha kebaktian kepada Bodhisatva Avalokitesvara.

5. Graha Bodhisatva Satya Kalama: graha bakti puja kepada Bodhisatva Satya Kalama.

Hampir di setiap sudut ruangan vihara bisa ditemukan patung maupun relief/gambar Budha Maitreya. Jumlah patung Budha yang digunakan untuk kebaktian berjumlah sekitar 9 buah serta belasan patung Budha Maitreya yang menghiasi pelataran luar vihara. Kompleks vihara ini juga dilengkapi dengan sekolah, klinik kesehatan, dan restoran yang terbuka untuk umum. Wisatawan dari berbagai negara yang pernah mengunjungi Vihara Budha Maha Vihara Duta Maitreya yaitu dari Jepang, Korea Selatan, Singapura, Iran, beberapa negara Eropa, serta dari Amerika Serikat.


Lokasi : Jl. Bukit Beruntung, Sei Panas, Batam Center
Telepon : 0778 462901
Fax : 0778 462349
Jam operasional : setiap hari, pk. 8:00-20:00
Biaya masuk : gratis
Fasilitas : restoran vegetarian, klinik, sekolah, area parkir, toko cinderamata, auditorium, pemandu wisata gratis
Fasilitas umum terdekat : restoran, mini market, ATM
Cara menuju ke sana : dengan taksi dari Batam Center International Ferry Terminal tarifnya sekitar Rp. 40.000, sedangkan dari Nagoya sekitar Rp. 50.000
Keterangan : Anda bebas mengambil foto di dalam vihara. Viahara biasanya ramai dikunjungi saat akhir pekan dan hari libur nasional.

...GBIP Immanuel Batam :Hlmn sebelumnya | Hlmn berikut: Vihara Tua Pek Kong...